IMG-20200914-WA0018

MANADO, SINERGI KABAR – Wakil Ketua Majelis Pendidikan Tinggi Penelitian dan Pengembangan PP Muhammadiyah Dr. H. Chairil Anwar optimis status Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Muhammadiyah Manado bakal naik jadi institut.

“Saya berharap STIKES Muhammadiyah Manado dapat menjadi Institut. Ini akan tercapai jika semua pihak bekerja keras untuk mencapainya,” kata Chairil saat menghadiri Rapat Senat Terbuka Luar Biasa yang dirangkaikan dengan Wisuda XIII dan Pelantikan Ners IV STIKES Muhammadiyah yang digelar di Grand Kawanua Convention Center Manado, Rabu (14/3/2018) siang.

Menurut Chairil, kesempatan untuk meraih status institut masih terbuka. Pasalnya syarat pendirian institut lebih mudah karena hanya menyertakan enam program studi. Adapun saat ini STIKES Muhammadiyah Manado telah memiliki empat program studi yakni Program Profesi Ners, S1 Keperawatan, D III Kebidanan dan DIII Farmasi.

“Kami berencana untuk meningkatkan status STIKES Muhammadiyah menjadi universitas. Namun kami memilih untuk meningkatkan status menjadi institut karena lebih mudah syaratnya seperti yang disampaikan Ketua STIKES Muhammadiyah barusan,” paparnya.

Lanjut Chairil, Majelis Dikti PP Muhammadiyah juga berkomitmen untuk terus membantu meningkatkan kualitas STIKES Muhammadiyah hingga dapat bersaing di tingkat internasional.

“Majelis Dikti akan membantu dan membina STIKES Muhammadiyah, misalnya selalu memantau perkembangan kualitas akademik yang diperlukan saat proses akreditasi,” ungkapnya.

Terkait pelaksanaan wisuda dan pelantikan ners terhadap 148 lulusan STIKES Muhammadiyah, Chairil menyebutkan lulusan STIKES Muhammadiyah banyak yang telah bekerja di berbagai instansi baik pemerintah maupun swasta.

“Dari 148 orang yang diwisuda, sebagian besar sudah bekerja. Terutama yang profesi Ners. Selain itu terbuka juga puang bekerja di luar negeri,” tandasnya.

Ditempat yang sama, Kepala Bapelitbangda, dr. Jemmy J.R. Lampus, M.Kes yang mewakili Gubernur Olly Dondokambey, SE mengapresiasi seluruh lulusan STIKES Muhammadiyah.

“Atas nama Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara, saya ucapkan selamat dan sukses kepada segenap wisudawan dan wisudawati bersama keluarga, atas perjuangannya sehingga saat ini dapat diwisuda,” katanya.

Lampus juga menerangkan digelarnya acara wisuda adalah bukti dan kontribusi nyata dari segenap Civitas Akademika STIKES Muhammadiyah Manado yang telah bekerja keras, terus berkarya dalam menghasilkan sumber daya manusia kesehatan yang memiliki kompetensi dan profesionalitas.

“Dengan kapasitas dan kompetensi keilmuan di bidang kesehatan yang dimiliki, saya mengimbau agar secepatnya mengaktualisasikan diri dan mengoptimalkan potensi yang dimiliki dalam dunia kerja,” katanya.

Agenda itu turut dihadiri Sekretaris Pelaksana Kopertis Wilayah IX Dr. Hawignyo, MM, Ketua STIKES Muhammadiyah Manado Agus A. Laya SKM, M.Kes, Sekretaris Senat Ns. Hi Suwandi I. Luneto S.Kep, M.Kes, CWCCA, HBOC serta seluruh staf dan pengajar STIKES Muhammadiyah Manado. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here