IMG-20200914-WA0018

SorotanNews--Bupati Minahasa Selatan Christiani Eugenia Paruntu memuji kebijakan Presiden Jokowi.

Tetty menyebut alokasi anggaran kepada kelurahan adalah program andalan. Menyentuh persoalan publik.

“Kita harus memberi apresiasi kepada pak Jokowi. Kebijakan alokasi anggaran bagi kelurahan itu juga selaras dengan visi membangun Indonesia dari pinggiran. Artinya kalau kelurahan dan desa kita kuat dari aspek apapun tandanya negara makmur,” ungkap Bupati usai menghadiri agenda Temu Karya Nasional Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) XX dan Pekan Inovasi Perkembangan Desa/Kelurahan (PINDesKel) Tahun 2018.

Yang di gelar di pelataran Garuda Wisnu Kencana Badung Bali, Jumat (19/10) siang tadi.

Olehnya itu, Bupati CEP menitipkan pesan kepada jajaran kelurahan dan desa di kabupaten Minahasa Selatan untuk transparan mengolah anggaran secara bagus.

“Manfaatkan itu untuk kepentingan pembangunan di kelurahan dan desa. Termasuk pemberdayaan masyarakat yang,” pesan Tetty.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku banyak mendapat keluhan terkait dana untuk tingkat kelurahan. Untuk itu, tahun depan dia akan mengeluarkan kebijakan Dana Kelurahan dan Dana Operasional Desa.

“Tahun depan akan ada dana kelurahan. Karena banyak yang tanya ke saya, ‘Pak ada Dana Desa, untuk kelurahan bagaimana Pak?’ Ya sudah, tahun depan akan ada Dana Kelurahan,” kata Jokowi.

Tak hanya Dana Kelurahan, Jokowi juga akan mengeluarkan kebijakan terkait dengan operasional kepala desa.

“Mumpung saya ingat, akan ada juga yang namanya dana operasional desa, sehingga kepala desa akan jelas menggunakan dana desa itu,” katanya.

Jokowi mengatakan, saat ini payung hukum untuk regulasi itu tengah dikaji. Diperkirakan, dana operasional desa akan diambil dari Dana Desa sebanyak 5 persen.

Kita akan revisi PP-nya, apakah akan dapat berapa persen. Tapi perkiraan kurang lebih 5 persen,” katanya.

Jokowi juga berpesan agar desa lebih giat membangun, apalagi sudah ada Dana Desa. Dia juga meminta agar Dan Desa untuk pembangunan itu dibelanjakan di desa setempat. (douglas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here