IMG-20200914-WA0018

Amurang, Sorotannews – Warga Minahasa Selatan patut bersyukur. Kepiawaian Bupati Christiany Eugenia Paruntu meyakinkan Kemenristekdikti RI untuk membangun kampus dan industri kelapa di kota Dodol akhirnya berbuah manis.

Hari ini, Jumat (9/11) siang Direktur Sistem Inovasi Kemenristekdikti Dr. Ir. Ophir Sumule, DEA, meyembangi pemkab Minsel.

Kedatangan Sumule disambut langsung Assisten II Pemkab Decky Keinjem bersama sejumlah perangkat daerah terkait.

“Kedatangan kita adalah untuk mendiskusikan pengembangan kluster inovasi daerah berbasis Kelapa. Karena kita tahu bahwa Minahasa Selatan merupakan penghasil Kelapa terbesar di Sulawesi Utara,” ungkap Sumule usai memimpin meeting terbatas di ruang sekda.

Dia mengatakan melihat potensi kelapa yang luar biasa di Minsel, maka sudah sangat pantas dan layak dibangun kampus dan industri yang bergerak di bidang pengelolaan kelapa.

“Jadi kita akan bangun politeknik kelapa. Untuk sementara masih berstandar pendidikan vokasi. Jenjang masih di D1 dan D2,” katanya.

Mereka yang mengikuti jenjang pendidikan akan jadi prioritas untuk digunakan SDM nya sebagai karyawan pada industri kelapa nanti.

“Kalau tidak ada halangan bisa tahun depan sudah kita running,” optimisnya.
Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Frangky Pasla mengatakan selaku pemerintah daerah tentu memberi apresiasi yang tinggi kepada pemerintah pusat. Atas respon yang bagus. Sehingga usulan pemerintah daerah melalui Bupati Tetty Paruntu sudah dijawab.

Diketahui dalam pertemuan itu nampak hadir kepala dinas Kominfo Roy Mandey, Kadis Koperasi Meity Tumbuan, Kadis Perdagangan Adrian Sumuweng, tokoh masyarakat Wem Mononimbar, Mantan Kepala Dinas pertanian Frans Tilaar dan sejumlah pejabat eselon III Lainnya (douglas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here