IMG-20200914-WA0018

SorotanNews--Realisasi Dana Desa (Dandes).  Tahun 2018 Desa Tumaluntung Satu Kecamatan Tateran dipaparkan Hukum Tua Arter Hadi Mokalu.

Pagu anggaran  yang mencapai angka Rp 7.42.100.000,- itu dibedah dalam dua agenda prioritas. Yakni  program pemberdayaan sumberdaya dan pembangunan infrastruktur desa.

Secara detil Hukum tua membeber serapan Dandes disalurkan dalam tiga tahap. Dengan beragam program yang dikerjakan. (Baca Grafis)

GRAFIS : Realisasi Dana Desa (Dandes)Tumaluntung Satu Kecamatan Tareran tahun 2018 *DP*/AM

“Nah tahap pertama  sebesar 20 persen kita manfaatkan  untuk pembangunan Drainase, Gorong-gorong, dan Talud. Lalu sisanya kita gunakkan untuk pemberdayaan pelatihan penyusunan RAB,” rinci Mokalu.

Untuk tahap kedua, sendiri ungkap ASN yang bertugas  di Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) itu menyebutkan  disalurkan sebesar 40 persen.

SUMBERDAYA :Nampak dokumentasi pelatihan penyusuan Rancangan Anggaran Belanja (RAB)untuk meningkatkan kapasitas perangkat desa

Yang realisasinya dikerjakan untuk kelanjutan proyek pembangunan Talud, program pemberdayaan pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BumDes) dan kegiatan lainnya seperti Posyandu.

“Sementara tahap terakhir atau tahap tiga kita mendapatkan  sebesar 40 persen. Anggaran sisa ini, sama penggunaannya. Dengan tahap-tahap sebelumnya. Baik untuk pembiayaan infrastruktur dan pemberdayaan. Yakni ; pembuatan  papan nama jalan, penyediaan air bersih, penyertaan modal BUMDesa, kampanye hidup sehat, pelatihan usaha ekonomi produktif perempuan, posyandu dan penguatan aparatur pemerintah dan lembaga desa,” terangnya.

Baginya semua agenda pengerjaan di atas merupakan program prioritas penggunaan Dandes. Sebagaiman diatur dalam permendes nomor 1 tahun 2018.

salah satu pengerjaan infrastruktur Desa Tumaluntung Satu Kecamatan Tareran tahun 2018

Walau sukses menutup tahun anggaran dengan catatan manis. Hukum tua yang familiar dengan awak media ini tak jumawa. Apalagi berbangga diri. Sebab bagi dia itu semua merupakan bagian dari kerja bersama antar pemerintah desa dan seluruh steikholder yang ada. Utamanya warga Tumaluntung Satu.

Olehnya itu, tak lupa Ia mengucapkan banyak terimakasih bagi semua pihak yang sudah mensuport seluruh program desa.

“Yang sudah direalisasikan kita patut apresiasi itu sebagai sukses bersama. Yang belum sempat dikerjakan tapi sudah masuk perencanaan seperti pembangunan jalan Desa akan kita evaluasi. Sebab memang dari durasi waktu sudah sangat sempit. Dan faktor cuaca yang kurang bagus.

Sehingga kita belum merealisasikannya. Untuk itu kami mohon dukungan bagi semua pihak. Baik pikiran, ide dan gagasan untuk kemajuan Desa Tumaluntung Satu,” ungkap Mokalu . (douglas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here