Buru APK liar Bawaslu Dorong Satpol PP

IMG-20200914-WA0018

Amurang,SorotanNews–Fenomena menjamurnya Alat Peraga Kampanye (APK) liar memantik perhatian khusus. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Minahasa Selatan.

Oleh karena itu, Satuan Polisi Pamong Praja didesak turun tangan. Segera lakukan pembersihan.

Ketua Bawaslu Minahasa Selatan Eva Keintjem mengatakan penindakan APK cacat aturan memang sudah menjadi ketentuan. Artinya APK yang diluar dari SK KPU akan ditertibkan. Apalagi di pasang di sepanjang jalan protokoler.

Walau begitu, Kata Keintjem dalam kesepakatan Rapat Koordinasi (Rakor) yang melibatkan semua unsur baik penyelenggara maupun caleg dan parpol. Pihaknya memberi waktu 1×24 jam dan selama tiga hari. Untuk memberi kesempatan parpol sendiri melakukan penertiban.

“Kami sudah melakukan rapat rakordinasi yang melibatkan semua unsur. Baik Parpol, dan semua unsur terkait. Kita memberi kesempatan kepada mereka (Parpol dan caleg, red) untuk melakukan penurunan sendiri,” ungkap Keintjem.

Dalam rakor itupun Ia menyebut disepakati 1×24 tidak ditindaklanjuti maka kewenangan penertiban itu diserahkan ke Satpol PP.

“Nah di lapangan kita masih menemui APK liar. Oleh karena itu kami sebagai Bawaslu sudah menyurat ke Satpol PP untuk melakukan penertiban itu,” sebut ketua Bawaslu.

Hingga kini, pihaknya belum mendapatkan kepastian kapan akan digelar penertiban.  (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here