Sapu Bersih, Bawaslu Tertibkan APK Dari Munte Hingga Sinonsayang

IMG-20200914-WA0018

Amurang–Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Minahasa Selatan menertibkan Alat Peraga Kampanye (APK) langgar aturan, Kamis (1/2) pagi hingga sore tadi.

Ketua Bawaslu Eva Keintjem mengatakan penertiban yang melibatkan SatpolPP, Polres, TNI dan Dishub itu menyisir daerah perbatasan Munte hingga Sinonsayang.

“Tim yang mencapai ratusan personil itu kita bagi dalam dua kelompok. Tim satu mulai melakukan penertiban dari Munte. Sementara tim dua dari Sinonsayang,” ungkap Keintjem.

Dia mengatakan tidak sedikit APK yang terjaring penertiban. Ini memberi sinayelemen bahwa masih banyak calon anggota legislatif (caleg) yang tidak mengindahkan aturan dalam pemasangan APK. Padahal kata dia sudah berulang-ulang diingatkan supaya mematuhi regulasi yang ada.

“Jadi prinsipnya Penertiban APK dilakukan karena lokasi, atau tempat pemasangannya yang tidak prosedural. Sifatnya cacat ketentuan,” kata Keintjem.

Begitupun di ungkapkan Koordinator Devisi Hukum dan Penindakan Bawaslu Minsel Franny Sengkey. Dia menegaskan untuk kali ini Bawaslu baru akan fokus penertiban di jalan protokol sepanjang jalur Trans-Sulawesi.

“Nah dalam agenda berikut kita juga akan melakukan penertiban APK yang terpasang di lahan atau rumah pribadi. Kita akan cek apakah ada ijin tertulis dari pemilik atau tidak,” tegas Sengkey.

Sementara itu, personil Bawaslu Minsel lainnya Aji Mamosey menambahian selain Baliho dan Spanduk yang diturunkan. Ada juga, one way yang terpasang di kendaraan plat kuning ikut ditertibkan.

“Ada dua kendaraan yang kami tertibkan,” timpal Mamosey.

Diketahui hingga kini, Bawaslu masih melakukan perekapan jumlah APK yang terjaring penertiban tadi. Berita selengkapnya pada edisi selanjutnya (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here