Pratasis : Kepala Daerah Seharusnya Sokong BSG, Bukan Mencampakkan

IMG-20200914-WA0018

Manado,SorotanNews.com-Polemik penarikan Rekening Kas Umum Daerah (RKUD) dari Bank SulutGo (BSG) yang dilakukan sejumlah kepala daerah memantik reaksi Ketua Umum Pelopor Angkatan Muda Indonesia (PAMI-P) Noldy Pratasis.

Aktivis Anti korupsi yang dikenal vokal itu mengatakan sebagai pemerintah daerah. Seharusnya Bupati dan Wali Kota Gorong royong membesarkan Bank daerah.

Apalagi selama ini, BSG dianggap sudah banyak berkontribusi bagi ekonomi dan pembangunan daerah.

“Ini namanya kurang elok. Saya menyebut ini ibarat Kacang lupa kulit. Praktis seperti mencampakkan BSG begitu saja,” protes Pratasis.

Dia menyebutkan alasan manajemen dan
suku bunga yang terlampau tinggi jadi salah satu pemicu sejumlah kepala daerah hengkang dari BSG adalah terlalu mengada-ngada dan cenderung kurang elegan.

“Kalau hanya alasan bunga tinggi itu bukan jadi suatu permasalahan. Yang penting bank tetap sehat. Tapi kalau mereka ngotot tetap meninggalkan BSG. Otomasi kian nampak ada motif lain Yang timbul di benak publik. Ini ada apa sebenarnya,” tandasnya.

Selain menyorot langkah sejumlah kepala daerah yang dinilainya kurang populis itu. Kritikan pedas Pratasis juga menyasar Bank BNI yang disebut-sebut sebagai biang kerok bola liar penarikan RKUD dari BSG itu.

“Bank BNI adalah bank nasional yang seharusnya mencari nasabah di Asia. Bukan malahan mematikan Bank daerah khususnya yang ada di Sulawesi utara,” sindir Pratasis.

Oleh karena itu, Dia meminta supaya pihak BNI meninjau kembali kerjasama yang sudah sempat terjalin dengan sejumlah daerah tersebut.

“Karena sangat memakukan sekelas bank BNI masih mau bersaing dengan bank daerah seharusnya bersaing dengan bank bank nasional lainnya yang telah melebarkan sayap ke pelosok dunia ,” timpal Pratasis menutup.

Diketahui hingga kini sudah tiga daerah yang diinformasikan melakukan penarikan RKUD dari BSG ke BNI. Yakni Kota Kota Kotamobagu, Bolmong dan disusul Kota Manado. Lalu apakah ini berkaitan dengan motiv jelang Pilgub? Nantikan penelusan redaksi ini selanjutnya. (douglas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here