Liando : Relawan Demokrasi Punya Peran Strategis Edukasi Pemilih

IMG-20200914-WA0018

Amurang,SorotanNews.com–Relawan Demokrasi (Relasi) memiliki peran strategis mendongkrak tingkat partisipasi pemilih pada pemilu 17 April mendatang.

Hal itu diungkapkan Pengamat politik Sulawesi Utara Dr Ferry Liando, saat membekali 55 Relasi KPU Minsel, di Hotel Sutan raja Amurang, Jumat (15/2) kemarin.

Menurut akademisi Unsrat Manado ini, salah satu fungsi pokok relawan pemilih adalah mengedukasi masyarakat yang pragmatis. Menentukan pilihan berdasarkan faktor kedekatan emosional dan yang cenderung golput. Untuk menjadi pemilih yang rasional.

“Semua pemimpin yang baik itu. Selalu lahir dari pemilih yang rasional. Itu rumusnya,” ungkap Liando.

Dia berharap dalam menjalan tugas sebagai relawan demokrasi. Harus memiliki target jelas. Masuk ke semua basis pemilih.

“Tidak hanya untuk mengajak mereka supaya datang ke-TPS pada hari H nanti. Tetapi perlu untuk mematikan mereka memilih calon pemimpin yang berkualitas. Tidak memilih karena amplop. Ataupun sembako,” harapnya.

Komisioner DKPP Sulut ini pun membedah secara nasional KPU mematok angka partisipasi pemilu 77,5 persen.

Nah untuk mencapai angka partisipasi tersebut Liando mengatakan para relawan untuk fokus pada basis pemilih yang sudah diletakkan KPU. Yakni meliputi basis keluarga, pemilih pemula, pemilih muda, pemilih perempuan, penyandang disabilitas, pemilih berkebutuan khusus. Kemudian pemilih kaum marginal, komunitas, keagamaan, pemilih warga internet, dan basis pemilih relawan demokrasi.

Walau begitu kata dia, tingginya partisipasi pemilih tidak menjamin kualitas demokrasi baik.

“Bisa saja mereka ke TPS karena disogok. Amplop atau sembako. Oleh karena itu peran relasi sangat dibutuhkan,” harapnya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here