Target Pemilu Berkualitas, KPU Minsel Bekali Relawan Demokrasi

IMG-20200914-WA0018

Amurang–Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa Selatan. Menggelar pembekalan bagi 55 Relawan Demokrasi (Relasi) di Hotel Sutan raja, Jumat (15/2) kemarin.

Agenda tersebut dipimpin langsung dua komisioner KPU Maya Sariwoan dan Yurnie Sendow. Dengan menghadirkan tiga narasumber akademisi. Dr Ferry Liando, Dr Maichel Mamentu dan Dr Fanley Pangemanan yang juga eka-Ketua KPU Minsel.

Komisioner KPU Maya Sariwoan dalam pengantar acara tersebut mengatakan peran relawan demokrasi yang direkrut KPU dinilai sangat strategis guna meningkatkan partisipasi pemilih dalam Pemilu 2019.

Dia menjelaskan para relawan tersebut difokuskan untuk masuk ke beberapa basis, meliputi basis keluarga, pemilih pemula, pemilih muda, pemilih perempuan, penyandang disabilitas, pemilih berkebutuan khusus. Kemudian pemilih kaum marginal, komunitas, keagamaan, pemilih warga internet, dan basis pemilih relawan demokrasi.

“Targetnya supaya partisipasi pemilih kita baik,” ungkap Sariowan.

Dia melaporkan ada 55 Relawan yang sudah direkrut dan siap tempur menjalankan tugas.

Hal serupa juga dikatakan koleganya Yurnie Sendow. Malah dosen Fisipol Unsrat itu berharap hadirnya relasi akan membantu kerja-kerja KPU. Dalam upaya menyebarluaskan informasi tentang pentingnya demokrasi, pemilu, dan partisipasi. Selanjutnya, menyampaikan sekaligus mengingatkan kembali tentang tanggal, hari, dan jam pemungutan suara. Tata cara pemberian suara, hingga pengenalan peserta pemilu.

“Para relawan ini nanti wajib memetakan kelompok sasaran. Mengidentifikasi kebutuhan, materi sosialisasi. Menyusun jadwal dan melaksanakan kegiatan, kemudian menyusun dan melaporkan kegiatannya ke KPU setempat,” tandas Sendow. (douglas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here