PPD Jadi Ujung Tombak Pengawasan Pemilu

IMG-20200914-WA0018

MINSEL–Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Minahasa Selatan menggelar bimbingan teknis (Bimtek). Bagi Pengawas Pemilu Desa (PPD) dan kelurahan.

Bimtek yang digelar di kantor Bawaslu Minsel, Senin (25/2) hari ini dipimpin langsung Ketua Bawaslu Eva Keintjem, bersama dua koleganya Franny Sengkey dan Abdul Majid Mamosey.

Koordinator Devisi hukum dan Penindakan Franny Sengkey mengatakan bimtek bagi jajaran pengawas di tingkatan desa dan kelurahan menjadi penting. Sebab Pengawas Pemilu desa (PPD) dan Kelurahan merupakan ujung tombak pengawasan ditingkat bawah.

“Apalagi pemilu sudah di depan mata. Untuk itu, maka penting bagi PPD agar harus dibekali dengan kemampuan yang baik. Agar dalam menjalankan tugas berjalan dengan baik,” kata Sengkey.

Terlebih lagi kata Dia masa kampanye Pemilu 2019 sudah berjalan. Olehnya Sengkey menyebutkan PPD dikerahkan untuk fokus mengawasi semua steikholder.

“Tidak saja ASN, ataupun aparatur pemerintah desa dan kelurahan. Tetapi juga mereka akan mengawasi para penyelenggara seperti KPPS juga harus diawasi kerja-kerja mereka,” ungkap Sengkey.

Dia berharap usai bimtek ini para PPD kian mantap dan siap melaksanakan tugas-tugas pengawasan.

Diketahui pada kloter pertama ini baru lima kecamatan yang mengikuti bimtek. Yakni Sinonsayang, Amurang Barat, Amurang, Kumelembuai dan Motoling Timur. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here