Dilirik Kemenperin, Komoditi Kelapa Minsel Jadi ‘Centra Exelen’ Industri Kelapa

IMG-20200914-WA0018

MINSEL–Para petani kelapa di Minsel patut berbangga. Setelah sempat down dengan anjloknya harga kopra, kali ini petani tidak perlu takut lagi. Pasalnya Minsel bakal menjadi Sentra Ekselen Kelapa dengan memanfaatkan industri kelapa sehingga masa depan komoditi tersebut bakal terus membaik.

Bupati saat menerima kunjungan perwakilan Kemenperin di Minsel

Apalagi pemerintah pusat menaruh perhatian terhadap produk andalan petani Minsel ini. Melalui Dirjen Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) Kementerian Perindustrian Indonesia Gati Wibawaningsih yang langsung menyambangi Minsel, Selasa (26/2) membawa angin segar bagi para petani.

Bupati Tetty saat menyerahkan bantuan alat pertanian kelapa bersama Dirjen IKMA bagi kelompok tani

Bertempat di Hotel Sutan Raja, Amurang, Bupati Christiany Eugenia Paruntu (CEP) menyambut baik kedatangan Dirjen IKMA Wibaningsih. Disampaikan Wibaningsih, kedatangannya adalah bagian dari upaya Kemenperin meningkatkan nilai tambah bahan baku dalam negeri. Itu dibuktikan dengan pelaksanaan program hilirisasi industri berbasis sumber daya alam.

Bupati Menyerahkan cendramata bagi Dirjen IKMA

“Langkah strategis ini digunakan untuk menjadi solusi dalam mendongkrak harga komoditas di wilayah setempat. Salah satunya adalah mengangkat potensi industri kelapa di Provinsi Sulawesi Utara melalui Program Pengembangan IKM Kelapa Terpadu. Program ini difokuskan di Kabupaten Minahasa Selatan. Kita fokuskan di sini dahulu, kalau sudah jalan dengan baik baru diaplikasikan didaerah lain,” ungkapnya dalam sambutan.

Dia menambahkan, Kabupaten Minsel yang mempunyai potensi industri kelapa yang sangat besar dengan jumlah pengolahan IKM yang cukup banyak, produk yang dihasilkan dari kelapa antara lain kopra, kayu kelapa, sabut kelapa, minyak kelapa dan arang aktif.

“Sebagian besar pengolahan dilakukan pada skala rumah tangga dan kelompok kecil di setiap kecamatan,” tambahnya.

Terkait diadakannya Pengembangan IKM Kelapa Terpadu di Minsel, Wibawaningsih mengungkapkan ingin meningkatkan kesejahteraan para pelaku agribisnis kelapa mulai dari sektor hulu sampai dengan hilir.

“Utamanya melalui penumbuhan dan pengembangan IKM olahan turunan kelapa dan IKM pendukung pengembangan agribisnis kelapa. Kami akan terus mendorong tumbuh dan berkembangnya industri produk olahan turunan kelapa mulai dari skala kecil sampai besar yang pada akhirnya akan meningkatkan pendapatan pelaku agribisnis kelapa,” tukasnya.

Kegiatan Pengembangan IKM Kelapa Terpadu di Kabupaten Minahasa Selatan terdiri dari 3 jenis kegiatan utama, yaitu fasilitasi penumbuhan WUB industri kecil pengolahan produk olahan kelapa, bimbingan teknis produksi dan kewirausahaan IKM pengolahan minyak kelapa dengan peserta sebanyak 25 orang industri kecil, fasilitasi peralatan IKM pengolahan minyak kelapa yang terdiri dari 10 set mesin TTG parut dan peras santan kelapa, pengembangan sentra IKM arang tempurung kelapa, bimbingan teknis produksi dan kewirausahaan IKM arang tempurung kelapa untuk 20 orang industri kecil dan fasilitasi mesin/peralatan pengolahan arang tempurung kelapa (mesin pembuat arang dan mesin penepung arang). Selain Bimtek, pihaknya mengadakan peningkatan kemampuan IKM permesinan teknologi tepat guna melalui fasilitasi mesin atau peralatan IKM permesinan TTG, serta pendampingan IKM permesinan teknologi tepat guna untuk dua IKM.

Bupati CEP juga mengapresiasi dan berterima kasih karena pihak kementerian turut peduli dengan kelapa di Minsel.

“Kami segenap komponen Pemkab Minsel mengucapkan selamat datang dan terima kasih atas kunjungan Ibu Dirjen. Kiranya kerja sama dan hubungan baik dapat berlanjut terus. Saya bersyukur karena pemerintah pusat melalui Dirjen IKMA, ibu Gati Wibawaningsih, memilih Kabupaten Minsel untuk menjadi pusat pengelolaan kelapa di Indonesia. Ini akan sangat berpengaruh pada peningkatan kesejahteraan masyarakat Minsel,” tukas bupati yang akrab disapa Tetty itu.(adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here