Menginspirasi, Begini Cara Bupati Ajak Masyarakat Perangi Sampah

IMG-20200914-WA0018

MINSEL–Bupati Minsel Christiany Eugenia Paruntu menginspirasi masyarakat Kecamatan Tatapaan. Rame-rame perangi sampah, Senin (4/3) kemarin di Desa Arakan.

Tetty begitu ia disapa, tidak saja mendorong masyarakat umum. Tetapi juga memotivasi. Sekaligus menanamkan nilai peduli lingkungan bagi anak-anak sekolah.

Itu sebab, kehadirannya bersama Kepala Balai Bunaken Fariana Prabandasari dalam agenda peringatan hari peduli sampah nasional (HPSN), Bupati dua periode itu menggelar lomba pungut sampah. Bagi anak-anak sekolah.

Hal itu langsung memantik respon anak-anak. Dan bergegas memungut sampah

“Penting untuk menanamkan nilai kebiasaan baik. Kepada generasi kita. Menyadarkan mereka bahwa betapa pentingnya menjaga lingkungan tetap bersih,” ungkap Bupati.

Tidak hanya itu saja, guna mensukseskan program pengurangan sampah plastik.

Putri mendiang Rektor Unsrat Prof Jopie Paruntu itu pun berencana akan menggelontorkan anggaran pembelian tumbler melalui APBD bagi seluruh masyarakat Minahasa Selatan.

“Tentu kita akan kaji. Kalau memang memungkinkan. Kenapa tidak. Ini semata-mata untuk menyokong gerakan stop menggunakan bahan plastik sekali pakai sebagai alat konsumsi,” optimisnya.

Sementara itu di banyak kesempatan Bupati yang populer dengan sederet program inovasi itu kerap menyampaikan supaya semua masyarakat untuk rame-rame memerangi sampah. Dimulai dengan hal-hal kecil. Memungut sampah di sekitar lingkungan rumah. Membuang pada tempatnya. (douglas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here