KPU Minsel Gencar Sosialisasi Kertas Suara Pemilu 2019

Contoh kertas suara yang digunakan di pemilu 2019
IMG-20200914-WA0018

MINAHASA SELATAN, SorotanNews.com--AGENDA pentas pemilu lomba kreasi dan konser musik Sabtu (30/3/2019) di Teguh Bersinar Amurang, dimanfaatkan KPU Minahasa Selatan sebagai ajang sosialisasi kertas suara pemilu 2019.

Hajatan yang melibatkan semua steikholder masyarakat itu diawali dengan jalan sehat sekaligus pembagian brosur dan poster kertas suara.

Contoh kertas suara yang digunakan di pemilu 2019

Komisioner KPU Minsel Maya Sariowan mengatakan sosialisasi kertas suara gencar dilalukan KPU. Malah di setia agenda apapun selalu disisipkan dengan sosialisi.

“Ini menjadi penting. Karena pemilu kali ini ada 5 kertas suara yang akan digunakan,” ungkap Sariowan saat ditemui di sela-sela agenda pentas pemilu.

Dia mengaku KPU Minsel akan meningkatkan frekuensi sosilasi kepada publik. Apalagi bagi mereka yang milenial dan pemilih pemula.

“Kita akan fokuskan sosialisasi kepada seluruh masyarakat. Apa dan bagiman bentuk serta warna kertas suara. Supaya tidak ada lagi warga yang bingung saat berada di bilik suara,” katanya.

Secara detil ini warna dan ukuran kertas suara.

Pertama, warna abu-abu untuk surat suara pilpres terdiri atas surat suara pasangan calon untuk pilpres dengan ukuran 22 x 31 cm jenis kertas yang digunakan HVS 80 gram. Surat suara pilpres berbentuk lembaran empat persegi panjang yang terdiri atas dua bagian, luar dan dalam.

Kedua, warna kuning untuk surat suara pemilu untuk memilih anggota DPR, sesuai dengan jumlah Daerah Pemilihan Anggota DPR, dengan ukuran 51 x 82 cm jenis kertas yang digunakan HVS 80 gram. Surat suara Pemilu Anggota DPR berbentuk lembaran empat persegi panjang yang terdiri atas dua bagian yaitu bagian luar dan bagian dalam dan tidak terdapat foto dari calon anggota DPR.

Ketiga, warna merah untuk surat suara pemilu untuk memilih anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) terdiri atas surat suara untuk Pemilu Anggota DPD. Terdapat sembilan kategori ukuran dengan jenis kertas hvs 80 gram surat suara Pemilu Anggota DPD berbentuk lembaran empat persegi panjang, vertikal/horizontal terdiri dari dua bagian yang disebut bagian luar dan bagian dalam dan terdapat foto dari setiap calon anggota DPD.

Keempat, warna biru surat suara pemilu untuk untuk memilih anggota DPD provinsi sesuai dengan jumlah daerah pemilihan anggota DPRD provinsi. Dengan ukuran 51 x 82 cm jenis kertas yang digunakan hvs 80 gram, berbentuk lembaran empat persegi panjang, vertikal terdiri dari dua bagian yang disebut bagian luar dan bagian dalam dan tidak terdapat foto dari calon anggota DPRD provinsi.

Kelima, warna hijau untuk surat suara pemilu untuk memilih anggota DPRD kabupaten/kota (DPRD kabupaten/kota) sesuai dengan jumlah Daerah Pemilihan Anggota DPRD Kabupaten/Kota dengan ukuran 51 x 82 cm jenis kertas hvs 80 gram. (douglas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here