Bawaslu Minsel Apresiasi Sumulasi ‘Puting Susu’ Yang Digelar KPU

Keintjem Ingatkan Jangan Coba-Coba 'Bermain' Mata

IMG-20200914-WA0018

MINAHASA SELATAN, SorotanNews.com –SIMULASI pengumutan dan perhitungan surat suara (Puting susu) yang digelar KPU Minsel di desa Lelema Kecamatan Tumpaan, Kamis (4/4/2019) memantik apresiasi Ketua Bawaslu Minsel Eva Keintjem.

Keintjem yang juga ikut terlibat aktif dalam simulasi itu mengatakan adanya simulasi semacam ini justru makin meningkatkan daya tangkap dan pengetahuan penyelenggara di tingkatan bahwa termasuk masyarakat mengenai pengumutan suara nanti. Apalagi pemilu kali ini dianggap memiliki tingkat kesulitan karena digelar serentak antara pemilihan presiden dan legislatif.

“Tak hanya PPS dan KPPS, tapi juga Panwas Desa dan Pengawas TPS mendapat pengetahuan terkait pelaksanaan pemungutan dan perhitungan suara di TPS pada tanggal 17 April 2019 mendatang,” nilai Keintjem

Olehnya itu, komisioner tiga periode Bawaslu ini mengingatkan agenda simulasi ini harus diikuti secara benar dan menjadi perhatian penyelenggara di tingkatan bawa. Baik PPS, KPPS dan juga panwas TPS.

“Saya selaku Ketua Bawaslu memperingatkan kepada PPS dan KPPS tapi juga Pengawas TPS. Untuk melakukan kerja dengan baik berdasarkan aturan. Serta memperhatikan asas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil,” Harapnya.

Dikesempatan itu pula tak lupa Ia menitipkan pesan supaya dalam pelakasanaan pemilu nanti hindari hal-hal yang berpotensi kecurangan.

“Jangan main-main. Ingat sanksinya pidana apabila ditemukan tebukti melakukan pelanggaran,” tegasnya.

“Sayapun berpesan untuk menjadikan Pesta Demokrasi Pemilu 2019 kali ini benar-benar pesta. Baik penyelenggara Pemilu, peserta Pemilu, wajib pilih dapat mentaati semua norma dan aturan yang ada,” pungkas Eva Keintjem. (douglas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here