H-5 Pencoblosan KPU Minsel Belum Ganti 45 Ribu Surat Suara Rusak

IMG-20200914-WA0018

MINSEL — Pemilihan umum presiden dan legislatif sudah di depan mata. Dalam hitungan lima hari lagi. Pesta demokrasi lima tahuna itu dihelat. Pada 17 April mendatang.

Sayangnya hingga kini Komisi Pemilihan Umum (KPU) Minsel belum memastikan surat suara baru sebagai pengganti surat suara rusak tiba di Amurang. Padahal, pemungutan dan penghitungan suara tinggal menghitung hari.

Kondisi semacam ini, memantik reaksi Bawaslu Minsel. Melalui komisionernya Abdul Madjid Mamosey meminta KPU harus terbuka kepada publik. Kepastian pengganti surat suara sudah tiba sebelum pemilu dihelat.

“Berdasarkan hasil rekapan pengawasan kami. Ada 45 ribu surat suara rusak. Ini harus dipastikan penggantinya tiba sebelum tanggal 17,” ungkap Mamosey.

Selain itu, menurutnya KPU juga harusnya sudah mengumumkan secara terbuka soal pemusnahan kertas suara yang rusak itu.

“Agak aneh, sampai sekarang belum dimusnahkan. Kami meminta KPU harus menjelaskan kenapa belum dimusnahkan yang rusak. Jangan sampai menimbulkan kesan negatif di benak publik,” katanya.

Diketahui kerusakan surat suara rata-rata disebabkan oleh titik berwarna, robek, terpotong dari pabrik, garis buram, berlubang dan basah pada surat suara. Sebagian besar kerusakan surat suara ini disebabkan proses pencetakan bukan pada saat distribusi surat suara. (douglas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here