Tumaluntung Satu Tareran Jadi Contoh Transparansi Dandes di Minsel

Mokalu : Partisipasi Aktif Masyarakat Dalam Pengawasan Menjadi Kunci Utama

Skema penggunaan dandes Tumaluntung satu tahun 2019

MINSEL, SorotanNews com — Pengelolaan anggaran Dana Desa (Dandes) Tumaluntung satu, Kecamatan Tareran Kabupaten Minahasa Selatan.  Patut diajungi jempol. Ya demi transparansi dan keterbukaan penggunaan dandes. Tak tanggung-tanggung pemerintah desa. Yang didapuk langsung Hukum tua Arther Mokalu. Konsisten melaporkan penggunaan anggaran. Secara terbuka dan jadi konsumsi publik.

Bagi hukum tua yang dikenal familiar dengan awak media ini. Prinsip pengelolaan keuangan desa bukan hanya transparan akuntabel. Tapi juga membutuhkan partisipasi masyarakat secara aktif ikut mengawasi kebijakan anggaran pembangunan desa.

“Kebijakan pemerintah desa dalam tertib dan disiplin anggaran itu tak kalah penting. Ini yang sementara dijalankan dan tahun lalu kebijakan ini mebuahkan hasil dengan Silpa kurang lebih 200 juta,” ungkap Mokalu.

“Tahun lalu dilakukan hal yang sama baik perencanaan dan pertanggungjawaban. Kami sebagai pemdes menyampaikan secara terbuka kepada publik, baik dari media, baliho, hingga laporan dari aparat desa yang disampaikan kepada warga” Sambung ASN yang hobi olahraga bulu tangkis ini.

Dia membebee untuk tahun ini pembangunan Desa Tumaluntung Satu masih terfokus di sarana dan prasarana dalam desa.

Menurut Hukum Tua yang dekat dengan semua kalangan, untuk tahun ini Desa Tumaluntung Satu mengelola dana mencapai 1.441.506.000,- yang bersumber dari Dandes, Alokasi Dana Desa (ADD) dan pendapatan lain-lain serta penerimaan pembiayaan.

Pembangunan di Desa Tumaluntung Satu, yang terbesar ada di bidang Pekerjaan Umum dan Tata Ruang. Kami akan membangun rabat beton jalan desa, drainase, talud dan gorong-gorong, senilai Rp. 918.708.700,-,” jelas Mokalu. (selengkapnya baca pic grafis)

Skema penggunaan dandes Tumaluntung satu tahun 2019

Selain itu juga akan disalurkan untuk pembangunan di bidang pendidikan, kesehatan serta perrhubungan, komunikasi dan informatika.

Baginya, pengelolaan Dandes ini dipergunakan sebaik-baiknya untuk memajukan dan menyejaterahkan warga masyarakat desa Tumaluntung Satu.

“Untuk tahun depan anggaran akan difokuskan kepada sarana produksi perkebunan dan pertanian. Ini dimaksudkan agar supaya perekonomian di desa bisa lebih meningkat,” pungkas Mokalu (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here