News Analisys – Ferry Liando : Pilkada Minsel Masih Sulit Diprediksi

siapa di usung parpol apa, siapa berpasangan dengan siapa dan siapa melawan siapa.

IMG-20200914-WA0018

MINAHASA SELATAN, SorotanNews.com –-PETA politik pilkada Minahasa Selatan masih sulit diprediksi. Walau belakangan sejumlah nama tenar mulai diendus. Begitu pernyataan pengamat politik Universitas Sam Ratulangi Manado Ferry Liando.

Menurutnya variable elektablias kandidat politisi tidak tunggal. Artinya melihat kekuatan figur calon tidak semata-mata hanya dilihat dari siapa calon itu. Namun bagi peneliti pengelola program kepemiluan di pasca sarjana Unsrat ini, cara melihat peluang calon sangat ditentukan oleh siapa di usung parpol apa, siapa berpasangan dengan siapa dan siapa melawan siapa.

“Sehingga sebelum ada penetapan pasangan calon oleh KPU maka sangat sulit untuk berspekulasi siapa yang kuat,” ungkap Liando.

Dosen yang juga aktiv sebagai tenaga ahli Kemendagri itu menjelaskan kalapun sudah ada pihak-pihak yang mulai mengklaim soal kuatnya figur-figur tertentu itu amatlah sulit dipertanggungjawabkan apalagi menjadi Pegangan pada hasil Pilkada nanti.

“Saya memberi contoh, ada figur kuat tapi ternyata tidak mendapat dukungan parpol tertentu. Kemudian ada calon kepala daerah yg dianggap kuat, tapi ternyata pasangannya sebagai wakil tidak memiliki pengaruh elektoral yg kuat. Jadi untuk sekarang sangat mustahil mengklaim kekuatan apabila belum jelas pasangannya,” terang Liando menutup. (douglas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here