Waduh! Tak Diminati Proyek Ratusan Juta Gagal Tender

IMG-20200914-WA0018

MINAHASA SELATAN, SorotanNews.com –Aneh bin ajaib ada proyek berbandrol sekira Rp700 juta di Dinas Perikananan dan KelauatanĀ  Minsel tak diminati. Hinggga durasi waktu yang ditentukan, pada 21 Juni kemarin tak ada satupun pihak ketiga yang berminat. Akibatnya anggaran proyek yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2019 itu nyaris mubazir.

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Alexander Sonambela mengaku benar hingga kini proses tender belum juga dilakukan. Olehnya itu, dia mengatakan pihaknya sedang berkoordinasi mencari jalan keluar. Apakah masih bisa disiasati sehingga proses tender bisa dilakukan walau sudah kadalurasa dari segi waktu.

“Memang benar ada anggaran DAK kurang lebih Rp 700 juta untuk pengadaan bantuan perahu buat nelayan. Tapi sampai saat ini, belum ada pihak ketiga yang akan menangani untuk pengadaan karena proses tender selalu gagal alias tidak diminati,” kata Sonambela.

Birokrat yang gemar bergaul itu, menjelaskan masih terus berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait, guna memastikan nasib anggaran tersebut.

“Tunggu saja perkembangannya. Kalaupun aturannya masih membolehkan, berarti proses pelelangan tender tetap dilanjutkan sampai ada pemenang. Tapi kalau memang sudah tidak bisa, ya berarti dana tidak bisa dicairkan,” jelasnya.

Sementara itu, Kabag Pengadaan Barang dan Jasa Silvia Bimbahati membenarkan soal adanya kendala dalam proses pelelangan tender pengadaan bantuan perahu.
“Memang satu perusahaan yang mendaftar, tapi tidak pernah melengkapi berkas yang menjadi persyaratan,” terang Bimbahati.(*).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here