Minsel Titip Doa Untuk Papua dan Keutuhan NKRI

IMG-20200914-WA0018

MINAHASA SELATAN, SorotanNews.com –– Malam doa untuk negeri, Indonesia bersatu yang digagas Polres Minsel berlangsung spektakuler, di pelataran icon wisata Im Amurang Rabu (4/9) kemarin.

Suasana refleksi dan penuh khidmat itu digelar sebagai bentuk solidaritas, empati dan dukungan moril atas insiden di Surabaya, dan Papua.


Pantau redaksi ini, walau hajatan ‘kebangsaan‘ itu dimulai sekira pukul 19.15 WITA antusias masyarakat Minsel dan Mitra begitu tinggi. Sudah sejak pukul 17.30 ribuan massa sudah menyemut di seputaran pusat kegiatan. Malah data diperoleh ada sekira 3.500 peserta yang ikut larut bersama doa kebangsaan.

Rangkaian kegiatan itupun dikemas begitu baik. Apalagi digelar dalam suasana kerukunan umat beragama. Ada kasida yang dipersembahkan warga Muslim, lalu dielaborasi dengan paduan suara umat kristiani. Pun dengan beberapa tarian adat.
Suasana acara itupun semakin semarak saat sejumlah perwakilan warga Papau ikut didaulat menyampaikan deklrasi damai bagi bangsa ini.

Selain itu, dipuncak acara ada doa bersama dari lima tokoh agama Kristen, Konfuchu, Katholik, Muslim dan Hindu. Lalu dilanjutkan dengan pembacaan puisi merajut kembali benang kebangsaan. Yang dibawakan oleh Toar-Lumimuut Minsel.
Diujung acara ada pemasangan lilin sebagai simbolis duka atas gugurnya seorang anggota Polri dalam insiden baru-baru ini.

Sambutan Bupati
Bupati Minahass Selatan Christiany Eugenia Paruntu dalam sambutannya menegaskan seruan untuk hidup dalam kerukunan, perdamaian, persamaan, solidaritas sesama anak bangsa.
Tetty begitu ia disapa, mengajak masyarakat untuk tidak terprovokasi dengan propaganda isu hoaks dan pemecah belah.

“Mari kita bergandengan tangan. Rame-rame menumbuhkembangkan budaya persatuan dan kesatuan bangsa. Dengam mengamalkan nilai-nilai pancasila, khebinekaan, dan filosofi kerukunan hidup antar golongan, ras dan agama dalam perdamaian,” ungkap Bupati.

Diakhir sambutannya Bupati mengingatkan para hadirin untuk mendoakan bangsa dan negara. Utamanya saudara-saudara kita warga Papua yang tengah diselimuti berbagai persoalan.

“Papua adalah kita. Kita adalah Indonesia. Dari Amurang Minsel kita titip doa untuk saudara-saudari kita di tanah Papua. Torang cinta tanah Papua torang NKRI,” tandas Bupati yang disambut tepuk tangan para peserta.

Turut hadir jajaran forkompimda selain Kapolres FX Winardi Prabowo sebagi inisiator kegiatan tersebut, Ketua DPRD Minsel Jeany J Tumbuan, ada Dandim Minahasa, Kajari Amurang, Ketua PN Amurang dan Ketua Pengadilan agama. Serta para tokoh agama dan masyarakat pada umumnya. (douglas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here