Tingkatkan Kapasitas Penyuluh Dinas Pertanian Minsel Gelar Pelatihan

IMG-20200914-WA0018

MINAHASA SELATAN, SorotanNews.com –– Dinas Pertanian Kabupaten Minahasa Selatan menggelar pelatihan peningkatan kapasitas tenaga penyuluh di Hotel Sutanraja Amurang, Kamis (03/10) pagi tadi.

Kepala Dinas Pertanian Franky Pasla dalam membuka agenda tersebut menegaskan penyuluh pertanian sebagai mitra kerja petani mempunyai peran strategis dalam pembangunan pertanian.

Olehnya itu kegiatan-kegiatan pelatihan semacam ini diperlukan semata-mata untuk mendorong profesionalitas para penyuluh.

“Kenapa peningkatan kapasitas penyuluh itu penting. Karena penyuluh itu jadi agen penyedia jasa pembelajaran, konsultan dan pendamping petani dan masyarakat pelaku usaha agribisnis lainnya,” ungkap Pasla.

Lebih lanjutnya birokrat yang faimiliar dengan berbagai kalangan itu mengatakan pembangunan pertanian memerlukan dukungan sumber daya alam dan sumber daya manusia sebagai penentu keberhasilan, dimana jika sumber daya manusia yang terampil dan berkualitas, maka petani akan mampu mengelola sumber daya alam yang ada meskipun dalam keterbatasan.

Di sisi lain Pasla juga mengingatkan para penyuluh dalam bekerja nanti supaya selalu mengutamakan kepentingan masyarakat.

“Saya ingatkan, mari kita tunjang terus pembangunan pertanian. Apabila ada permintaan petani untuk menggunakan alat dan mesin pertanian (alsintan), kita wajib mensupport,” Ingatnya.

Dalam kesempatan itu pula dia mengaku beberapa kali mendapat laporan keluhan masyarakat petani terkait sejumlah problem yang dihadapi.

“Saya tidak ingin lagi menerima telepon atau messenger dari petani yang mengatakan tidak dipinjamkan alsintan untuk membuka lahan,” terang Franki Pasla.

Dirinyapun mengingatkan, apabila mendapati ada lagi yang melakukan hal tersebut maka akan dilakukan cek lapangan dan akan ditindak.

Alsintan itu kan diadakan ibu Bupati Christiany Eugenia Paruntu untuk kesejahteraan petani. Jadi saya tidak ingin mendengar ada laporan seakan-akan ada yang menguasainya,” tegas Franki Pasla.

Selain membuka kegiatan, Kadis Pertanian Minsel Franki Pasla menyematkan tanda peserta untuk kegiatan yang akan dilaksanakan selama 2 hari, 3-4 Oktober 2019. (dou)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here