Tetty Dorong Modoinding Potato Festival Masuk Ivent Nasional

IMG-20200914-WA0018

MINAHASA SELATAN, SorotanNews.com — Bupati Minahasa Selatan Christiany Eugenia Paruntu punya visi besar pengembangan Modoinding Potato Festival (MPF) menjadi ajang Pariwisata nasional pun internasional.

Hal itu diungkapkan Bupati saat membuka agenda MPF ke-6 tahun 2019 di pelataran Desa Sinisir, Sabtu (12/10) akhir pekan lalu.

MINIATUR Indonesia hadir di Modoinding Potato Festival 2019

“Kita semua berharap. Dan tentu terus mendorong, kedepannya MPF dapat terus berkembang sebagai kegiatan Agro-Eko Wisata secara kontinyu. Tidak hanya sebagai iven lokal. Tetapi juga menjadi agenda budaya dan pariwisata nasional oleh Kementrian pariwisata bahkan jadi agenda internasional,” harap Bupati saat menyampaikan pidato pembukaan.

NKRI : Garuda di dadaku, Indonesia di doaku. NKRI harga mati

Dalam kesempatan itu pula Tetty begitu Bupati dua periode Minsel ini mengurai lima tahun terakhir Modoinding telah sukses memproduksi kentang sebanyak 46.930 ton per tahunnya. Dengan luas tanam mencapai 2.335 hektar dan luas panen kentang mencapai 2.344,6 hektar.

“Sementara angka produktivitasnya mencapai 20 ton per hektar yang semuanya itu dihasilkan dari tanah Modoinding,” rinci Bupati.

Ia pun berharap melihat potensi sumberdaya alam yang memadai di tanah Modoinding, kedepan bisa mendapat perhatian lebih dari pemerintah pusat melalui kementrian terkait.

“Potensi pengembangan holtikultura di sini khususnya lahan untuk kentang bisa mencapai 3.500 hektar. Sayangnya memang kita terkendala dengan infrastruktur dan sumberdaya yang masih belum memadai. Oleh karena itu semoga Kementrian bisa menjadi perhatian lebih,” harap Bupati.

Di sisi lain semarak agenda promosi eko-wisata lokal ini, makin terasa saat parade kendaraan hias dimulai. Beragam miniatur ditampilkan mulai dari Istana negara, Guruda, Gereja dan simbol-simbol budaya dan kearifan lokal lainnya. Yang semuanya itu dihias menggunakan hasil panen holtikultura Modoinding. (douglas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here