News Analysis – Ferry Liando : Tetty ke Istana Karena Diundang, Mustahil Bisa Tembus Istana Jika tak Diundang

IMG-20200914-WA0018

SorotanNews.com — Pengamat politik dan pemerintahan Sulawesi Utara Dr Ferry Liando mengukuhkan kedatangan Bupati Minahasa Selatan Christiany Eugenia Paruntu ke Istana karena dipanggil pihak istana. Akademisi yang giat meneliti demokrasi dan kepemiluan itu mengatakan kedatangan Tetty ke istana tidak mungkin atas kemauan sendiri. Pasti ada yang mengundang.

“Tidak mungkin akan melewati pengamanan berlapis jika dalam daftar undangan yang dipegang pihak keamanan tidak mencantumkan nama ibu Tetty,” ungkap Liando.

Pernyataan Liando ini, menepis informasi spekulasi yang muncul belakangan seolah Tetty tak diundang. Itu sebab jebolan Doktor Unpad Bandung ini menandaskan jika ada yang pernah ke istana pasti sudah tahu sop nya.

“Biasanya pihak keamanan sudah memegang dokumen tentang daftar nama-nama yang terundang. Jika nama tidak tercantum, maka mustahil bisa melewati garis security,” Tegasnya.

Di sisi lain, Liando mengatakan walau belum terpilih ada kebanggaan tersendiri bagi Bupati Tetty namanya menjadi trending publik karena masuk sebagai salah satu kandidat menteri Jokowi.

Sementara itu Bupati Tetty juga menegaskan bahwa dirinya benar diundang langsung oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno. Dalam sesi wawancara yang digelar salah satu TV nasional di Jakarta Selasa malam kemarin Tetty secara lugas menceritakan kronlogis kedatangannya ke istana. Bagi perempuan hebat Sulawesi Utara ini, politik memang selalu punya pesonannya sendiri.

“Namanya politik, sudah biasa itu jika ada yang menjegal. Namun saya percaya jabatan itu merupakan kepercayaan, bukan hak saya. Kalau dipercaya ya Puji Tuhan, jika tidak maka saya akan mengabdi untuk negara dan masyarakat dengan jalur lain,” ujar Christiany Paruntu.

Dalam wawancara tersebut, Christiany Paruntu kembali mengungkapkan bahwa kehadirannya pada Senin (21/10) ke Istana atas undangan untuk menghadap Presiden.

“Hari itu memang agenda Presiden bertemu para calon anggota kabinetnya. Undangan itu disampaikan oleh Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno melalui pesan WhatsApp, pada Minggu (20/10) malam, pukul 22.27 WIB. Saya juga dihubungi Bapak Airlangga Hartanto (Ketua Umum Golkar) yang mengatakan bahwa saya termasuk empat nama dari Partai Golkar yang diusulkan menjadi anggota Kabinet,” seperti dicatatan Christiany Paruntu.

Sebelumnya juga Juru Bicara Presiden Fadjroel Rahman meluruskan kekeliruan pihak Istana kepada media. Fadjroel Rahman mengakui Christiany Paruntu memang diundang melalui WA oleh Pratikno.

Bupati yang dikenal dengan gagasan politik care itu, berencana akan langsung kembali ke Minsel untuk melanjutkan tugas sebagai Bupati, sampai akhir masa bakti di tahun 2021.

“Saya legowa, karena dari awal tidak ingin jadi Menteri juga. Pasti Presiden memiliki kepentingan yang lebih besar, jadi apapun keputusan Presiden pasti demi tujuannya membangun negara. Mari kita dukung,” kata Christiany Paruntu.

“Banyak yang masih harus dilakukan. Saya memang ingin membangun daerah saya dan bekerja untuk masyarakat,” timpalnya.

Nah soal namanya masuk bursa menteri Tetty mengaku diusulkan resmi oleh Partai Golkar untuk menjadi anggota kabinet Jokowi-Ma’ruf Amin. Yang mengusulkan namanya kepada Presiden Jokowi Ketua Umum Golkar, Airlangga.

“Saya diberitahu Pak Ketum di kantor Golkar tiga hari lalu, hari Jumat. Pak Airlangga menyampaikan bahwa Tetty termasuk dari empat nama dari Partai Golkar yang diusulkan menjadi anggota kabinet,” ujarnya.

Tiga usulan dari Partai Golkar untuk anggota Kabinet Jokowi adalah Zainuddin Amali, Agus Gumiwang, dan Airlangga Hartarto sendiri.

“Saya tidak pernah minta-minta untuk diutus Partai Golkar,“ sambung Tetty.

Tetty mengaku tidak kecewa oleh kejadian yang tidak mengenakkan dirinya Senin siang tadi. Baginya, apa yang terbaik buat Presiden Jokowi, akan didukungnya.

“Saya kan bukan orang yang tidak punya pekerjaan,” ujar Tetty yang sebelumnya tergabung dalam tim sukses Gojo, Golkar-Jokowi.

Untuk diketahui, Tetty Paruntu malah pernah menerima Universal Health Coverage Awards (UHC Award) yang diserahkan oleh Presiden RI Jokowi bulan Mei lalu.

Award itu dipersembahkan Presiden RI kepada para Kepala Daerah yang telah memenuhi kriteria Terjaminnya Pelayanan Kesehatan dengan Asuransi Kesehatan bagi masyarakat. Tetty, salah satu penerimanya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here