PilgubNews – Maju Pilgub Tetty Gaungkan Tiga Pilar Membangun Sulut

IMG-20200914-WA0018

MANADO, SorotanNews.com — Bupati Minsel dua periode Christiany Eugenia Paruntu (CEP) memastikan langkahnya maju dalam kontestasi Pilgub Sulut 2020 mendatang.

CEP begitu, Ketua DPD I Golkar Sulut itu disapa, tidak hanya mendaftar di partai beringin. Tapi, Ia juga mendatangai markas Nasdem memenuhi undangan DPW Nasdem Sulut sebagai balal calon Gubernur pada Jumat (29/11) akhir pekan lalu.

Kedatangan CEP di Sekretariat Golkar Sulut dihentar ribuan massa dan simpatisan yang tumpah ruah. Menyemut mulai dari jalan Bolevard Manado, hingga Martadinata mengalami kemacetan berjam-jam.

Setibanya di kantor PG Sulut, Tetty disambut lengkap timsel dan pengurus DPD I dan II se-Sulut. Nampak Sekretaris PG Sulut Tonny Lasut, Bendahara James Arthur Kojongian dan ketua-ketua DPD II lainnya.

Usai menyerahkan berkas pencalonnya ibunda legislator Senayan Adrian Jopie Paruntu (AJP) itu mengaku terharu menyaksikan dukungan publik Sulut begitu kental dirasakan.

“Terimakasih atas dukunggannya. Saya merasa terharu ribuan orang mengantar saya ke sini. Tentu ini menandakan kalau selama 10 tahun saya melayani di Minsel. Maka ada keinginan besar dan harapan tinggi. Supaya saya lebih luas skop dan cakupan sebagai pemimpin Sulut, ” ungkap Tetty Paruntu.

Dalam nada penuh kerendahan hati, Tetty pun langsung menyelami memberi sapa, senyum dan salam kepada ribuan pendukungnya.

Beberapa saat kemudian CEP menuju Kantor DPW Nasdem Sulut yang terletak di Kairagi. Setibanya di sana nampak sejumlah fungsionaris Golkar seperti Bupati Sangihe Jabes Ghagana, mantan Ketua PG Sulut Imba Rogi telah berada di kantor Nasdem dan bersama menyambut kedatangan CEP dengan timsel Nasdem.

Usai menyerahkan berkas pencalonannya kepala daerah yang populer dengan seabrek prestasi itu, menyampaikan tiga pilar membangun Sulut.

“Kita akan wujudkan transformasi Sulut dengan tiga pilar. Satu leadership strategis, dua manajemen SDM, dan ketiga sustainable development atau pembangunan yang sinergis berkelanjutan, ” ungkap CEP.

Pengamat politik Sulut Dr Alfon Kimbal mengatakan, langkah CEP yang tidak hanya mendaftar di Golkar tapi juga ke Nasdem adalah langkah berani.

“Pesan publiknya adalah CEP serius untuk maju sebagai calon Gubernur. Artinya kalau hanya sekedar memenuhi kuota pencalonan Golkar hanya butuh partai kecil. Tapi, kenapa ke Nasdem itu tandanya Tetty serius, ” kata Kimbal.

Di sisi lain majunya CEP sebagai kandidat Gunernur dianggap jadi ancaman bagi langkah incumbent OD. Apalagi tingkat elektabilitas CEP belakangan trendingnya naik dan terus dibanjiri simpati publik.

Banyak kalangan akar rumput memprediksi kalau komunikasi CEP,  Nasdem dan sejumlah partai lainya juga ikut digandeng. Maka pertarungan Pilgub sangat sengit.  Apalagi kalau CEP bisa membangun wacana segitiga emas.  Politik akomodatif yakni tiga kekuatan etnis Minahasa, BMR dan Nusa utara. (dou)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here