Meriah, Christmas Talent Show Lapas Manado Tampilkan Juri Nona Manado 2019

MANADO–Rangkaian kegiatan Natal mulai bergulir di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Manado, Rabu (11/12/2019). Kegiatan dibuka Kasibinapi Ecep Sadria SPd, MSi.

Dua perlombaan yakni Christmas Talent Show dan Cerdas Cermat Alkitab (CCA) mengawali iven lapas tahun ini.

Kegitaan ini diawali laporan panitia yang disampaikan Ketua Panitia Perayaan Natal Lapas Kelas IIA Manado Tahun 2019, Hendra Lumataw SIP.

Ia mengatakan, 17 peserta ambil bagian dalam Christmas Talent Show. Lalu beberapa warga binaan berkompetisi di CCA.

“Semua WBP baik Kristen maupun Muslim sangat antusias. Mereka menikmati kegiatan sampai tuntas. Peserta lomba juga sangat maksimal,” ujar Lumataw kepada wartawan, usai perlombaan.

Ia menyampaikan, setelah dua kegiatan tersebut, masih ada perlombaan pernak-pernik Natal dari bahan-bahan daur ulang seperti botol bekas atau kardus.

“Semua aneka perlombaan, panitia menyiapkan hadiah tropi dan uang pembinaan,” tutur Kasubsie Registrasi Lapas Manado itu.

Puncak kegiatan yakni 27 Desember 2019 yang ditandai dengan ibadah bersama.

“Kami berterima kasih kepada semua pihak yang ikut menyokong kegiatan lapas tahun ini,” tandas Lumataw.

Menariknya, ada juri dari Nona Manado 2019 Lorensia Emma Timpalan yang menilai kompetisi Christmas Talent Show.

“Saya bangga bisa tampil sebagai juri Lapas Manado. Ini sesuatu yang baru dan menjadi kehormatan tersendiri saat bertemu dengan warga binaan,” kata Lorensia.

Sementara itu, Kasibinapi Lapas Manado, Ecep Sadria SPd yang membuka kegiatan, berharap perlombaan ini menumbuhkan dan mengembangkan potensi dan talenta-talenta warga binaan.

Kata Ecep, itu merupakan suatu pembinaan mental kepribadian untuk mengubah perilaku warga binaam menjadi lebih baik. Dia juga meminta warga binaan lapas untuk menjaga keamanan dan ketertiban.

Lapas memiliki tanggung jawab dalam dua hal sekaligus, yakni fungsi pelayanan (pembinaan) dan fungsi ketertiban (keamanan).

“Itu ibarat dua sisi mata uang yang tak terpisahkan. Nilainya sama dan saling mendukung. Pelayanan dan pembinaan membutuhkan ketertiban. Sebaliknya, ketertiban dan keamanan harus disertai pelayanan yang maksimal untuk memenuhi hak-hak warga binaan,” kata Ecep.

Sementara itu, hasil Christmas Talent Show yakni, Juara 1 puisi Maurits Sumilat, Juara 2 Tim Masamper, Juara 3 puisi dari Alfons Munde.

Pada perlombaan CCA, tiga peserta lomba ikut menerima hadiah tropi dan uang pembinaan.

Tampil sebagai juri, Lorensia Emma Timpalan, ada Salomo Widuhung dan
Arnil Paiman dari unsur petugas Lapas Manado. (***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here