Panwascam Ujung Tombak Pengawasan Diingatkan Jaga Integritas

IMG-20200914-WA0018

AMURANG, SorotanNews.com — Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) jadi ujung tombak pengawasan penyelenggaraan pilkada serentak 2020. Hal itu ditegaskan Ketua Bawaslu Minsel Eva Keintjem saat bersama komisioner lainnya Franny Sengkey memberikan pembekalan bagi 51 personil Panwascam, Senin (06/01) kemarin.

Menghadapi tugas kerja yang cukup menguras energi, apalagi pada pengawasan pungut hitung dan rekapitulasi Panwas diingatkan untuk menjaga integritas dan independensi sebagai penjaga demokrasi.

“Di situ panwascam berperan penting sehingga tidak boleh salah mengambil keputusan. Untuk itu, jati diri anda mohon dijaga, harus independen karena di Minsel saat ini cukup panas. Tidak boleh pro warna-warna yang ada. Karena kita diawasi publik sehingga perlu menjaga prilaku independen selama tahapan pilkada 2020,” ungkap Keintjem.

Tidak hanya tahapan, proses non tahapan sekalipun tidak boleh lengah dari mata pamwas.

“Jadi bukan hanya proses tahapan. Yang non tahapan juga seperti netralitas ASN,para hukumtua dan perangkat desa harus juga menjadi perhatian panwascam, ” ingat Keintjem.

Sementara itu, Franny Sengkey juga mengingatkan para Panwascam untuk merekrut staf panwas yang berkompeten.

“Kerja tugas pengawasan itu sangat banyak sehingga di tiap kecamatan harus cari orang-orang yang benar-benar mau kerja. Kemudian satu yang penting, cari staf juga yang paham IT, karena divisi pengawasan harus melakukan tugas kerja panwas juga melalui aplikasi,” katanya.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here