Upacara Peringatan Hari Dharma Samudera di Minsel Berlangsung Spektakuler

MINAHASA SELATAN, SorotanNews.com — Upacara peringatan Hari Dharma Samudera 2020 di Propinsi Sulawesi Utara berlangsung spektakuler. Kali, ini Kabupaten Minahasa Selatan menjadi lokasi peringatan peristiwa horoisme tersebut. Yang dipusatkan di Pantai Bolevard Amurang, Rabu (15/1/2020) hari ini.

Dalam kesempatan itu, Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) VIII Laksamana Pertama Gig Yosias Sipasulta M Mar Stud bertindak selaku inspektur upacara didampingi Bupati Minsel Christiany Eugenia Paruntu.

Di hadapan awak media usai upacara Danlantamal menegaskan sebagai generasi penerus bangsa jangan sekali-kali melupana sejarah. Apalagi peristiwa heroik semacam ini.

“Kita harus tetap memegang teguh nasionalisme kita. Apalagi kalau kita bicara kedaulatan, teritorial kita semua harus punya rasa itu, ” tegas Jendral Bintang satu itu.

Upacara yang dilaksanakan dipantai itu melibatkan 300 personil TNI Angkatan Laut, dan sejumlah personil dari kepololisan, pramuka SMP, dan SatpolPP Minsel.

Selain itu, dia pun mengingatkan kelestarian ekosistem laut, kebersihan laut supaya terus dijaga.

“Laut itu harus dicintai. Harus dijaga. Sehingga kalau kita lihat kotor. Kita tergerak untuk membersihkan. Mari jaga laut kita jangan buang sampah sembarangan,” ingatnya.

Sementara itu, Bupati Minsel Christiany Eugenia Paruntu, memberi apresiasi pemilihan Minsel menjadi tuan rumah pelaksanaan peringatan hari Dharma Samudera.

“Terimakasih sinergitas ini semoga tidak hanya kali ini. Tapi, kedepan akan ada lagi agenda-agenda semacam ini dilakukan di sini, ” harap Tetty paruntu.

Diketahui sejumlah rangkaian kegiatan peringatan hari dharma samudera tahun 2020 ini sudah dimulai sejak 14 Januari kemarin. Diantaranya bakti sosial renovasi tugu KKO, donor darah, aksi bersih-bersih pantai dan khinatan masal.

Turut hadir dalam kesempatan itu, Wakil Bupati Frangky Wongkar , Kapolres Minsel AKBP Bangun W Septo SIK, Kajari Minsel I Wayan Eka Miartha, Ketua Pengadilan Royke Inkiriwang serta masyarakat umum yang ikut menyaksikan acara tersebut. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here