Puji Tuhan! Maret Ini Perkada APBD Minsel Direalisasikan

IMG-20200914-WA0018

SorotanNews.com — KETEGANGAN polemik penetapan APBD Minahasa Selatan tahun anggaran 2020 perlahan-lahan mulai pudar. Berganti sukacita. Kabar gembiranya walau Gubernur Sulut tidak melakukan pengesahan perkada APBD Minsel hingga batas waktu yang diberi undang-undang. Menurut amanat peraturan perundangan Bupati Minsel sebagai kepala daerah memiliki kewenangan menetapkan rancangan perkada menjadi perkada APBD Minsel tahun 2020.

Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Pemkab Minsel Melky Manus menjelaskan berdasarkan amanat undang-undang 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah, PP 12 tahun 2019 tentang pengelolaan keuangan daerah, dan permendagri 33 tahun 2019 tentang pedoman penyusunan APBD tahun 2020.

“Menegaskan apabila dalam jangka waktu 30 hari setelah penyampaian perkada APBD dan Gubernur sebagai perwakilan pemerintah pusat tidak menetapkan pengesahan perkada APBD. Maka Bupati secara sah menurut undang-undang menetapkan perkada menjadi APBD, ” tegas Manus saat ditemui di kantornya Senin (2/3) kemarin.

Dia menjelaskan semua tahapan proses penetapan perkada APBD 2020 sudah ditempu dengan benar oleh pihak Pemkab Minsel. Dan berdasarkan hasil konsultasi dengan pihak Kemendagri juga mendapatkan kesimpulan yang sama.

“Kita sudah menyampaikan rancangan perkada ke Proponsi sejak 15 Januari silam. Tapi, sampai hari ini tidak ada penetapan oleh Gubernur. Padahal undang-undang memberi durasi waktu hanya 30 hari. Sehingga kesimpulan hasil notulensi rapat konsultasi yang kami lakukan dengan Direktur perencanaan keuangan daerah. Ditjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri pak Arsan Latif adalah sama. Bahwa apabila Gubernur tidak menetapkan Perkada APBD 2020, maka perintah undang-undang Bupati menetapkan pengesahan Perkada APBD 2020,” tandas Manus.

Dengan begitu Birokrat yang murah senyum dan familiar dengan awak media ini meminta semua pihak dan steikholder untuk bersabar. Utamanya masyarakat Minsel pada umumnya. Jika tak aral melintang pekan depan APBD Minsel melalui perkada akan ditetapkan Bupati secara langsung. Sehingga realisasinya sudah bisa dirasakan masyarakat. (dou)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here