Terima Aset Rehabilitasi Sekolah Oleh BPP Kementrian PUPR, Tetty : Mari Manfaatkan Secara Baik

IMG-20200914-WA0018

MINAHASA SELATAN, SorotanNews.com — BUPATI Minahasa Selatan Christiany Eugenia Paruntu (CEP) menerima penyerahan aset, sekaligus meresmikan renofasi sarana prasarana bangunan sekolah oleh Balai Prasarana dan Permukiman Wilayah Sulawesi Utara Kementrian PUPR.

Agenda penerimaan aset barang milik negara itu dipusatkan di SD Inpres Raanan Baru Motoling Barat, Senin (9/3) sore kemarin.

SERAHTERIMA aset dari BPP Kementrian PUPR ke Pemkab Minsel Yang diterima langsung Bupati Tetty Paruntu

Bupati dalam sambutannya memberi apresiasi sinergitas yang terbangun antara pemerintah pusat dan daerah khususnya melalui Kementrian PUPR bisa memberi dampak positif bagi pembangunan sarana prasarana pendidikan di Kabupaten Minahasa Selatan.

“Tentu sarana belajar ini akan dimanfaatkan secara baik. Bagi peningkatan mutu pendidikan di Kabupaten Minahasa Selatan, ” tandas Bupati.

Tetty begitu Bupati dua periode ini disapa familiar berharap sinergitas semacam ini akan tetus berlanjut. Sebagaimam Nawacita Jokowi membangun Indonesia dari pinggiran.

“Sekarang kita mendapatkan empat unit bangunan sekolah. Mari kita dukung terus pemerintah pusat. Siapa tahu di tahun-tahun berikutnya akan ada ketambahan juga. Tidak hanya sarana sekolah. Tapi, sarana-prasarana lainnya juga, ” harap Bupati.

Pada kesempatan itu pun Bupati menitipkan pesan bagi para kepala sekolah, guru dan peserta didik. Untuk memanfaatkan sarana prasarana Yang sudah diberikan dengan pengelolaan Yang baik, menjaga kebersihan, merawat semua yang fasilitas.

“Ingat ya. Toilet harus bersih. Jangan ada Yang kotor. Ruang kelas apalagi. Sehingga menghadirkan suasana belajar Yang aman dan nyaman, ” pesannya.

Sebagai pemerintah daerah Bupati berkomitmen akan terus meningkatkan dan mendorong kenaikan indeks pembangunan manusia. Dengan berbagai upaya di bidang pendidikan.

“Kalau sekarang ada di angka 70 persen. Kita akan berupaya menaikannya ke level lebih tinggi. Tentu dengan sinergitas semacam ini antara pemerintah pusat dan daerah. Kehadiran ruang-ruang kelas yang bagus dan ditunjang sarana lainnya pasti akan menunjang semangat belajar siswa, ” optimis Tetty.

Sementara itu, Kepala Balai melalui Kasatker Prasarana dan Permukiman Alfrets Makaleo menegaskan serah terima aset tersebut akan meningkatkan kualitas pengelolaan kekayaan negara. Dia menjelaskan serah terima hibah BMN memperjelas tanggung jawab terhadap pengoperasian dan pemeliharaannya sesuai dengan kewenangan yang diatur dalam UU No 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah (otonomi daerah).

Dengan demikian, aset yang diserahkan diharapkan dapat menjamin pelayanan yang berkelanjutan.

“Aset BMN tersebut selanjutnya akan tercatat sebagai BMN Pemerintah Daerah sehingga dalam operasi dan pemeliharaannya menjadi tanggung jawab penerima aset,” katanya.

Dia merinci total anggaran pembangunan renofasi dan rehabilitasi sekolah di Kabupaten Minahasa Selatan berjumlah Rp11, 4 miliar lebih.

“Ada empat sekolah yang dibangun di antaranya SMP N3 Tatapaan, SD Inpres Torout, SD Inpres Raanan Baru
dan SMPN1 Motoling Barat, ” kunci Makaleo.

Serah terima hibah aset ditandai dengan Penandatanganan Naskah dan Berita Acara oleh Bupati Tetty Paruntu dan Kasatker.

Sebelumnya Bupati melalukan penandatangan prasasti peresmian empat sekolah tersebut. Yang dilanjutkan dengan pengguntingan pita. Sebagai tanda pengoperasioan sekolah resmi dimulai.

Turut hadir pada acara tersebut, Kepala Dinas Pendidikan Fietber Raco, Kepala Dinas PUPR Ventje Kaaroan, Assisten I dan para Camat sekecamatan Motoling raya. (dou)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here