Bupati Tetty Keluarkan Edaran Waspada Covid-19, Ini Isinya

AMURANG, SorotanNews.com– Bupati Minahasa Selatan Christiany Eugenia Paruntu mengeluarkan edaran tertanggal 14 Maret tahun 2020 tentang kewaspadaan dini dan respon terhadap penularan covid-19.

Edaran tersebut ditunjukkan kepada semua pihak, steikholder pemerintah dan seluruh lapisan masyarakat. Untuk terus melakukan langkah-langkah antisipasi menangkal penyebaran Virus Corona di wilayah Kabupaten Minahasa Selatan.

Dalam edaran tersebut Bupati menyampaikan ada 11 langkah antisipasi waspada Corona. Di antaranya :

1. Orang dengan resiko tinggi memiliki penyakit bawaan. Atau penyakit kronis seperti hipertensi, jantung, diabetes meletus, dan lain-lain. Terutama bagi lansia dan bayi untuk tidak/hindari melakukan aktivitas di pusat-pusat keramaian.

2. Setiap tempat-tempat umum seperti supermarket Alfamart, Indomaret pusat bermain anak, pasar dan tempat ibadah untuk menyediakan hand zanitiser dan tempat cuci tangan.

3. Setiap orang yang mengalami gejala batuk flu supaya beristirahat di rumah. Dan jika gejala penyakit bertambah berat seperti sesak napas segerah berobat ke puskesmas atau RS terdekat dan wajib menggunakan masker.

4. Hindari penyebaran kuman dengan menjaga jarak minimal 1 meter dengan orang yang sedang batuk flu.

5. Jika orang menyadari pernah kontak dengan orang yang positif covid-19 atau pulang dari negara yang sedang dilanda Corona segerah hubungi RS terdekat untuk dilakukan pemeriksaan.

6. Cuci tangan dengan sabun dibawa air mengalir sesuai dengan rekomendasi WHO

7. Hindari bersalaman langsung diganti dengan susun tangan atau tangan kanan diletakan di dada kiri.

8. Makan makanan bergizi termasuk buah sayuran
9. Rajin berolahraga untuk memperkuat sistem imun
10. Jika tak ada kebutuhan mendesak sebaiknya tetap tinggal di rumah
11. Hubungi layanan terpadu covid-19 di nomor 085341223577 (Sulut) dan 081244141148 (Minsel) dan tetap jaga pola hidup sehat semoga ada dalam lindungan Tuhan.(dou)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here