Isu, Karyawan PLTU Amurang Terpapar Corona Itu Hoaks!

IMG-20200914-WA0018

AMURANG, SorotanNews.com — Isu salah satu Karyawan PLTU Amurang terpapar covid-19 ternyata hoaks. Hal itu ditegaskan kepala gugus tugas Covid-19 Kabupaten Minahasa Selatan dr Erwin Schouten, Senin (23/3) sore kemarin.

Kepala Dinas Kesehatan itu, menjelaskan hasil pemeriksaan tim medis, yang bersangkutan tidak menunjukkan adanya gejala Corona. Dia membeber konologinya sekitar lima hari lalu, ada salah satu karyawan PLTU datang berobat di klinik Bala Keselamatan (BK) Amurang. Yang bersangkutan menyampaikan keluhan pilek dan demam. Pihak BK kemudian merekomendasikan pasien tersebut untuk berobat ke Rumah Sakit Umum (RSU) Kalooran Amurang. Karena BK sendiri belum punya ruang isolasi. Ternyata yang bersangkutan justru langsung pulang ke Mess.

“Nah informasi ini kemudian ditindaklanjuti oleh Intel Kodim sehingga bersama tim kesehatan Puskesmas Tenga, langsung menjemput pasien di mess karyawan PLTU dan membawa pasien ke RSU Kalooran Amurang untuk dilakukan pemeriksaan. Hasilnya, pasien tidak memiliki gejala Corona,” terang Schouten.

Kendati begitu, pihaknya sudah melakukan isolasi terhadap pasien tersebut dan memberi status ODP (orang dalam pemantauan).

“Yang bersangkutan baru melakukan perjalanan dari Surabaya ke Manado. Sehingga oleh tim medis bersama aparat TNI dan kepolisian memutuskan yang bersangkutan untuk diisolasi di mess PLTU,” katanya.

Berkenaan dengan itu, Schouten menghimbau masyarakat untuk tidak panik secara berlebihan. Tetap waspada dan patuhi protokoler kesehatan melalui himbauan pemerintah.

“Warga juga diminta tidak menyebarkan informasi hoaks. Yang kebenarannya belum diverifikasi. Karena bisa menimbulkan kegaduhan di tengah situasi Corona, ” harapnya. (dou)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here