Cegah Corona, PMI Minsel Semprotkan Disinfektan di Greja dan Mesjid

AMURANG, SorotanNews.com — VIRUS corona menjadi musuh bersama. Berbagai upaya dilakukan pemerintah dan elemen masyarakat guna mencegah penyebaran Covid-19. Begitupun dengan PMI Kabupaten Minahasa Selatan, Selasa (24/3) siang kemarin melakukan penyemprotan keliling di tempat-tempat ibadah seperti Greja dan Mesjid di Pusat Kota Amurang.

Pantauan redaksi ini, relawan PMI memulai aksi penyemprotan cairan disinfektan itu dimulai dari Greja GMIM Syalom Sentrum Uwuran Satu yang terletak di Jantung Kota Amurang.

“Hari ini kita memulai dengan penyemprotan cairan disinfektan ke tempat-tempat ibadah. Baik Greja maupun Mesjid di Seputaran Amurang.Kami dibantu juga oleh tim dari Koramil Amurang, ” ungkap Sekretaris PMI Minsel Roy Blitz Tambingon.

Dia menginformasikan Ketua PMI dr Michaela Elsiana Paruntu berkerinduan ikut turun langsung dalam aksi kemanusiaan ini, tapi berhalangan karena Putranya sementara menjalani perawatan medis karena sakit.

“Ibu MEP memberi arahan PMI harus turun tangan melalukan upaya-upaya prefentif. Pencegahan sejak dini. Untuk memutus rantai penyebaran Covid-19,” tambah Tambingon.

Sementara itu, Ketua PMI dr Michaela Elsiana Paruntu (MEP) yang dihubungi via telpon menegaskan selain penyemprotan cairan disinfektan ke ruang-ruang publik, sejumlah program pencegahan covid-19 sudah disiapkan dalam waktu dekat akan digelar.

“Setelah ini, PMI akan membuat tempat cuci tangan umum di sejumlah titik ruang publik. Kita juga akan membagikan masker kepada masyarakat, tenaga medis juga pemberian hand sanitizer, ” katanya.

Di sisi lain, MEP mengingatkan masyarakat untuk tetap waspada tetapi tidak perlu panik secara berlebihan.

“Ikuti saja protokoler kesehatan. Lakukan social distancing. Jangan dulu berada di tempat-tempat keramaian. Olahraga dan makan makanan bergizi serta jangan lupa minun vitamin. Di atas segalanya jangan lupa berdoa, ” pesan MEP.

Data diperoleh Sulawesi Utara bertambah 1 orang positif Covid-19. Dilansir corona.sulutprov.go.id, per Selasa (24/3) pukul 17.02, pasien positif Covid-19 di bumi Nyiur Melambai jadi dua orang.

Dalam laporan tersebut, jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 367 orang dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 14 orang. (dou)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here