Pantas Ditiru, Terapkan Padat Karya Tunai Pemdes Kilometer Tiga Serap Tenaga Kerja Perempuan

IMG-20200914-WA0018

AMURANG, SorotanNews.com — -Pemerintah Desa Kilometer Tiga Kecamatan Amurang meluncurkan program padat karya tunai senilai lebih dari Rp150 juta atau 30 persen dari total anggaran proyek raban beton Rp 519. 485. 200 juta yang bersumber dari Dana Desa tahun 2020.

Proyek padat karya tunai yang ditujukan bagi warga setempat yang kehilangan pekerjaan atau terdampak Pandemi Covid-19.

PELETAKKAN BATU PERTAM : Hukumtua Herman Ulaan saat meletakkan batu pertama sebagai simbol dimulainya proyek Rabat Beton

Data diperoleh sekira 77 tenaga kerja desa diserap. Termasuk didalamnya terdapat tenaga kerja perempuan.

Apa yang terapkan Pemerintah Desa Kilometer Tiga ini pantas ditiru dan dijadikan rujukan bagi desa-desa lainnya.

Hukumtua Kilometer Tiga Herman Ulaan ditemui di saat memantau langsung proyek Raban Beton merinci volumen pengerjaan Raban Beton mencapai 693 Meter panjangnya dengan lebar 4 meter.

Proyek Raban beton yang sudah selesai dikerjakan oleh tenaga kerja lokal.

“Tahap I ini sudah dikerjakan sepanjang 247 Meter. Kita menyerap Tenaga Kerja (HOK) 77 Orang. Ada keterwakilan Perempuan di dalamnya, ” ungkap Ulaan.

Dia menjelaskan berdasarkan instruksi Presiden semua desa harus melaksanakan program padat karya tunai.

“Rencananya besok kita akan melanjutkan pembangunan rabat beton dan di perkirakan sekitar 150 meter lagi akan melaksanakan pembangunan, semuanya itu juga tergantung dari permintaan anggaran dengan tahap pertama Dana Desa”, tandasnya.

Selain menyerap tenaga kerja desa, pihaknya juga sedang menyiapkan program Bantuan Langsung Tunai (BLT) sebagaimana edaran Kementrian desa untuk memberikan stimulus eekomi masyarakat di tengah pandemi Covid-19. (dou)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here