Astaga! RS GMIM Kalooran Berhutang Rp17 Miliar ke Kimia Farma

AMURANG — MANAJEMEN Kimia Farma mengungkap Rumah Sakit GMIM Kalooran Amurang mengunggak hutang miliar rupiah. Urusan utang piutang itu terungkap dalam rapat dengar pendapat (RDP) komisi III, dan II DPRD Kabupaten Minsel bersama pihak RS GMIM Kalooran, Kimia Farma, BPJS, Dinas Kesehatan dan BPKAD Rabu (2/12) siang kemarin.

Dalam RDP itu unit manajer bisnis Manado Kimia Farma Winastatnto mengungkap hutang mencapai Rp17 Miliar itu sudah sejak tahun 2015.

“Sebelumnya total hutang mencapai Rp24 miliar. Tapi sudah ada pembayaran sekira Rp6 miliar. Itu sejak 2015 lalu. Sampe sekarang belum dilunasi,” ungkap Winastanto di hadapan RDP.

Sejumlah upaya pun sudah dilakukan pihak kimia Farma. Sayangnya menurut Winastanto upaya tersebut tak membuahkan hasil.

“Kita sudah minta pertemuan. Tapi tidak pernah dihadiri oleh pihak yayasan medika GMIM. Yang merupakan penanggung jawab urusan ini,” sesalnya.

Sikap abai terhadap urusan utang piutang ini pun akhirnya berbuntut gugatan. Pihak Kimia Farma pun sudah melayangkan somasi ke pihak RS Kalooran dan Yayasan Medika GMIM.

“Ya karena ini sudah menjadi perhatian pusat. Makanya sudah ditempuh jalur somasi,” tegasnya.

Mendengar fakta tersebut Legislator Senior Partai Golkar Roby Sangkoy meminta agar pihak RS Kalooran melalui Yayasan Medika GMIM segera menyelesaikan utang piutang tersebut.

“Kami sangat prihatin dengan kondisi ini. Apalagi sebagai warga GMIM. Kalau persoalan ini tidak diselesaikan justru akan berdampak pada pelayanan publik di bidang kesehatan. Itu sebab pihak Yayasan Medika GMIM harus bertanggung jawab. Tidak boleh dibiarkan apalagi ujung-ujungnya nanti dibebani lagi ke Jemaat GMIM. Ini jangan lagi terjadi,” tegas Sangkoy

Sementara itu Dirut RS Kalooran Billy Manengkey menjawab urusan piutang memang sudah menjadi tanggung jawab pihak Yayasan Medika GMIM.

“Saya tidak bisa memberi jawaban lebih. Karena urusan itu sudah diambil-alih oleh Badan Pengurus Yayasan,” jawabnya singkat. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here