Astaga !!! Video Mencoblos Dua Surat Suara yang Sama Beredar Luas di Sosmed, Ini Tanggapan KPU Sulut

IMG-20200914-WA0018

SULUT — Tahapan Pemilihan Umum Kepada Daerah (Pilkada) sudah berlangsung pada tanggal 09 Desember 2020, kemarin. Namun, informasi yang berhasil dikantongi media ini, telah beredar luas di Sosial Media (Sosmed) video tentang pelanggaran saat melakukan pencoblosan.

Dimana, video yang berdurasi 20 detik itu, terlihat pemilih mencoblos lebih dari satu kertas suara, di surat suara pemilihan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut. “Sampai saat ini kami masih telusuri lokasi terjadinya bukti pelanggaran ini. Karena belum mengetahui jelas siapa oknum yang jelas melakukan pelanggaran tersebut, yang telah mencoblos lebih dari satu kertas yang ditujukan ke satu pasangan calon saja,” ungkap Tim CEP-Sehan.

Tim CEP-Sehan juga menambakan, prosedur untuk melakukan pencoblosan di TPS tentu sangat jelas. “Sebelum mencoblos pemilih melakukan tanda tangan, kedua pihak KPPS memeriksa kembali kertas surat suara sebelum dberikan kepada pemilih. Kan tidak mungkin, jika double kertas surat suara yang diberikan pihak KPPS kepada pemilih. Jika ini terbukti, jelas akan kami tempuh jalur hukum, namun kami tetap menunggu hasil konfirmasi dari pihak penyelenggara,” jelasnya.

Sementara, Ketua KPU Sulut Ardiles Mewoh mengatakan, akan mencari tahu kejadian tersebut. “Tolong disampaikan lokasi kejadian di TPS mana, Desa atau Kelurahan mana?,” pintah Ardiles, Kamis 10 Desember 2020.

Hal yang sama juga dikatakan Komisioner KPU Sulut Salman Saelangi. “Sudah dan sementara ditelusuri,” singkat Salman.

Sayangnya, sebelum berita ini naik, pihak Bawaslu Sulut belum juga memberikan tanggapan, namun pihak media masih terus lakukan upaya konfirmasi.

(Sandy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here