4 Nakes Divaksin Saat Launching Sinovac di Puskes Modoinding

AMURANG, SorotanNews.com –Launching vaksinasi covid-19 digelar Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Modoinding, Jumat (5/2) kemarin.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Forkopimca Modoinding, dan dibuka langsung oleh Camat Modoinding Harits Lokas ST mewakili Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan Bupati DR.Christiany Eugenia Paruntu SE dan Wakil Bupati Franky Donny Wongkar SH.

Dalam sambutannya Camat Harits Lokas mengajak kepada semua elemen dan instansi terkait serta warga masyarakat untuk ikut mensukseskan program nasional ini, dimana telah diawali dengan Launching oleh pemerintah pusat, dan Presiden Republik Indonesia Ir.Joko Widodo adalah orang pertama yang divaksin Sinovac.

Vaksin Sinovac adalah vaksin yang diperuntukkan bagi tubuh manusia untuk menambah daya tahan tubuh atau imunitas tubuh guna menangkal segala berbagai jenis virus termasuk virus corona.

“Atas nama pemerintah kabupaten Minahasa Selatan Bupati Ibu DR.Christiany Eugenia Paruntu SE dan Wakil Bupati Pak Franky Donny Wongkar SH, saya secara resmi membuka Launching Vaksinasi Vaksin Sinovac Puskesmas Modoinding, dan untuk tahap pertama ini diperuntukkan bagi tenaga kesehatan yang ada di Puskesmas Modoinding, semoga kegiatan ini dapat terlaksana dan berjalan dengan baik,” kata Camat Harits Lokas.

Sementara itu, dari Dinas Kesehatan Minsel hadir mewakili Kepala Dinas dr.Erwin Schouten, yakni Kepala Bidang P2P Yuni Panambunan dan Kasubag Jersy.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Yuni Panambunan mengatakan bahwa untuk program nasional Vaksinasi Sinovac, akan terus berkelanjutan dimana bukan saja di sampai tahun 2021 ini, tapi juga akan mencapai tahun depan yang diharapkan semua warga negara mendapatkan Vaksin Sinovac.

Untuk Kabupaten Minahasa Selatan, sebagaimana yang diterima dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara melalui Dinas Kesehatan Pemprov Sulut, untuk Vaksin Sinovac berjumlah 2.400 Flacon, yang sebagian telah disalurkan ke 17 Puskesmas se-Kabupaten Minsel, serta telah dipakai dalam giat Launching Vaksinasi Sinovac Pemkab Minsel yang digelar pada Selasa 2 Februari 2021 lalu, yang bertempat di RSUD Amurang, dan sebagiannya lagi disimpan diruang penyimpanan Dinkes Minsel.

“Untuk tahap pertama ini, Vaksin Sinovac diprioritaskan bagi tenaga kesehatan (Nakes) sebagai garda terdepan pencegahan penyebaran Covid-19, maka dari itu Para Nakes haruslah menjadi contoh yang baik bagi warga masyarakat dengan siap divaksin, Vaksin Sinovac sebelumnya telah melalui uji klinis di laboratorium, sehingga telah aman dan halal untuk digunakan, tak usah takut atau khawatir untuk divaksin,” ujar Yuni Panambunan.
Ditambahkannya pula bahwa vaksin sinovac fungsinya adalah untuk menambah daya imun tubuh manusia, sehingga akan mampu menangkal segala jenis virus, termasuk virus corona, jika imun tubuh menurun akan sangat rentan terpapar penyakit atau virus.
Sementara itu Kepala Puskesmas Modoinding dr.Shintia Mamoto mengatakan bahwa untuk kegiatan Vaksinasi Sinovac di Instansi yang dipimpinnya tersebut, direncanakan ada dua gelombang, namun kemungkinan akan bertambah karena beberapa Nakes tak lolos screening.

Seperti diketahui untuk mendapatkan Vaksinasi Vaksin Sinovac, para Nakes harus terlebih dahulu melewati beberapa tahapan atau screening, untuk memastikan apakah Nakes memenuhi syarat untuk divaksin atau tidak.

Dikatakan dokter Shintia bahwa, dihari pertama pelaksanaan Vaksinasi Sinovac di Puskesmas sudah ada 4 Nakes yang divaksin dari sasaran sebelumnya 10 Nakes, karena 6 diantaranya tak bisa divaksin karena belum memenuhi syarat untuk divaksin, dimana dua hipertensi, dan empat KERT dan masih menunggu hasil swab.

Untuk jumlah Vaksin Sinovac di Puskesmas Modoinding ada berjumlah 30 Flacon, yang disesuaikan dengan kebutuhan dan jumlah Nakes di Puskesmas Modoinding.

“Selaku Pimpinan Puskesmas Modoinding saya menyampaikan terima kasih kepada unsur Forkopimca Modoinding Pak Camat Harits Lokas yang sudah membuka secara resmi kegiatan Launching Vaksinasi Sinovac di Puskesmas Modoinding, Kapolsek Modoinding bersama jajaran, Koramil Modoinding, lintas sektor Modoinding, Dinkes Minsel yang dihadiri oleh Kabid Ibu Yuni Panambunan bersama staf pegawai, serta semua pihak yang telah mendukung dan mensupport kegiatan ini,” kata dokter Shintia Mamoto. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here