oleh

Punya Visi Global, Prof Mingkid Layak Jadi Dekan FPIK Unsrat Manado

MANADO, SorotanNews.com — GURU besar FPIK Prof Winda Mingkid mengatakan, keinginannya maju sebagai calon Dekan fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan universitas Sam Ratulangi Manado, periode 2022-2026.

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni dua periode itu mengaku dirinya punya visi besar mentrafranformasi kampus ‘Biru’ itu ‘go-internasional‘.

“Saya berkeinginan untuk mencalonkan diri sebagai Dekan fakultas perikanan dan Ilmu kelautan untuk periode 2022-2026
karna saya ingin membawa Fakultas Perikanan dan Ilmu kelautan ini menuju ke era yang lebih Global yang bisa menangkap apa yang sudah pernah di tanamkan oleh Pahlawan Nasional yaitu GSSJ Sam Ratulangi, yang mengatakan bahwa Sulawesi Utara itu titik kita menghadap ke Pasifik Dream,” ungkap Mingkid

Apalagi menurut nya Indonesia timur khususnya Sulawesi Utara ini, bisa menjadi titik tolak atau Tonggak Sulawesi Utara ini ke posisi yang lebih dikenal khususnya Pasifik Dream.

“Peluang itu yang akan saya tangkap, dan menjadi impian saya kedepan,” sebutnya.

Peraih dosen berprestasi I FPIK tahun 2007 itu memang layak menjadi pemimpin FPIK. Selain memiliki kekayaan intelektual, Profesor yang dikenal familiar dengan mahasiswa itupun sarat pengalaman.

“Tetapi tapi pada dasarnya mungkin bisa dilihat dari apa yang suda pernah saya lakukan di masa lalu bisa dilihat dari Latar blakang saya pada saat saya pernah menjadi Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan selama 8 tahun 2 Periode.
Dimana yang pertama saya bisa meningkatkan minat Mahasiswa untuk masuk ke Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan yang di awalnya hanya seratusan bisa menjadi terbanyak yaitu sekitaran tigartusan dan itu merupakan sejarah Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan belum pernah ada Mahasiswa yang masuk sebanyak itu dan tentu saja kita punya standar bahwa Tiga Ratus Mahasiswa itu adalah jumlah yang maksimum yang bisa kita masukan,” urai peraih dosen berprestasi II Universitas Sam Ratulangi Manado itu.

Sayangnya kata dia belakangan prestasi kampus yang mampu menarik minat banyak peserta didik itu kini justru mengalami penurunan lagi.

“Oleh karenanya saya berharap kalau saya dipilih sebagai Dekan maka saya akan kembali bisa mengangkat legasi yang kita buat di beberapa tahun Yang lalu itu dengan meningkatkan jumlah Mahasiswa, kemudian Prestasi Mahasiswa Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan baik di tingkat universitas maupun ke tingkat internasional, waktu-waktu yang lalu dan kami harapkan kedepannya juga bisa seperti itu, ” klaimnya.

Selain memiliki komitmen di bidang kemahasiswaan yang tinggi, Nona Manado tahun 1990 itu juga memiliki seabrek misi strategis lainnya akan diterapkan ketika menjadi Dekan FPIK nanti.

Sebagai guru besar yang punya banyak jejaring Prof Mingkid juga berkomitmen akan membangun konektivitas kerja sama atau kolaborasi antara Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan dengan Universitas dalam negeri maupun luar negeri, baik itu Pemerintah maupun LSM serta Industri. Itu semua dinyatakannya sebagai bagian dari upaya mentransmisikan FPIK semakin mantap di era yang akan datang.

“Saya yakin, dan tentunya saya butuh dukungan dari media sebagai partner untuk membantu mempromosikan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan saya,” harapnya.

Diketahui sejumlah pretasi yang pernah diraih Prof Mingkid sejak masih dibgaku Mahasiswa di antaranya :

Dosen Berprestasi II Universitas Sam Ratulangi Manado tahun 2007. Dosen Berprestasi I FPIK Unsrat tahun 2007. Mahasiswa Berprestasi Utama Unsrat Manado tahun 1992. Mahasiswa Berprestasi I Fakultas Perikanan Unsrat tahun 1992.

Paskibraka Provinsi Sulawesi Utara tahun 1986. Sedangkan prestasinya di bidang non akademik, yaitu Putri Ayu Indonesia tahun 1992. Noni Sulut tahun 1990. Nona Manado tahun 1990. Noni Kampus Sulut tahun 1989. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *