Ungkap Kasus Pelanggaran HAM Berat Paniai, Kejagung Periksa Satu Saksi

Jakarta, SorotanNews.com — BERBAGAI penanganan perkara menjadi atensi serius pihak Kejaksaan Agung Republik Indonesia. Tidak hanya fokus menuntaskan berbagai perkara korupsi tapi sejumlah kasus pelanggaran HAM juga terus mendapatkan porsi penting. Satu diantaranya terkait kasus pelanggaran HAM berat di Paniai Propinsi Papua Barat pada tahun 2014 silam.

“Tim Jaksa Penyidik pada Direktorat Pelanggaran HAM Berat pada Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus (JAM PIDSUS) Kejaksaan Agung telah melakukan pemeriksaan terhadap 1 (satu) orang saksi yaitu H, yang diperiksa terkait Dugaan Pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) yang Berat dalam Peristiwa di Paniai Provinsi Papua Tahun 2014,” ungkap Kapuspenkum Kejagung Iketut Sumedana, melalui rilisnya.

Iketut mengatakan Pemeriksaan saksi dilaksanakan di Kejaksaan Tinggi Sumatera Barat dengan mengikuti secara ketat protokol kesehatan antara lain dengan menerapkanan protokol kesehatan.

Sebelumnya, penyidik memeriksa puluhan personel TNI dan Polri. Penyidik juga telah meminta keterangan dari ahli yang Laboratorium Forensik dan Ahli Legal Audit.


Penyidikan perkara dugaan pelanggaran Hak Asasi Manusia yang Berat Peristiwa di Paniai Provinsi Papua Tahun 2014, berdasarkan Surat Perintah Penyidikan Jaksa Agung R.I Nomor: Prin-79/A/JA/12/2021 tanggal 3 Desember 2021 dan Nomor: Prin-19/A/Fh.1/03/2022 tanggal 4 Februari 2022. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here