Lantik 512 PPDP, Besok KPU Minsel Gulirkan Tahapan Coklit Pemilih

IMG-20200914-WA0018

AMURANG, SNews.com– Tahapan pencocokan dan penelitian (Coklit) pemilih. Pilkada serentak 9 Desember mendatang mulai bergulir, Rabu (15/7) besok.

Pada tahapan ini, Petugas Pemutahiran Data Pemilih (PPDP) akan secara dor to dor mendatangi pemilih. Dari rumah ke rumah masing-masing.

Ketua KPU Minahasa Selatan Rommy Sambuaga, menegaskan tahapan coklit akan digelar dengan ketentuan protokol covid.

“PPDP akan melaksanapan coklit selama satu bulan Mulai besok sampai pada 13 Agustus mendatang, dengan protokol covid-19,” ungkap Sambuaga di ruang kerjanya, Selasa (14/7) kemarin.

Dia menjelaskan PPDP akan melakukan pemutakhiran dan pendaftaran pemilih berdasarkan dokumen daftar pemilih model A.K.W.K.

Model formulir A-KWK adalah formulir data pemilih hasil proses penelitian dan pencocokan (coklit).

“Dalam proses coklit, para petugas kita akan berkoordinasi dengan pemerintah setempat. Baik perangkat desa maupun kelurahan termasuk PPS di 177 desa dan kelurahan, ” terangnya.

Untuk memaksimalkan proses coklit, KPU berharap warga untuk bersikap proaktif.

Ini dimaksudkan agar tidak ada warga yang terlewatkan.

“Peranserta masyarakat itu untuk memastikan agar masyarakar wajib pilih terdaftar sebagai pemilih untuk Pibup Minsel maupun Pilgub pada tanggal 9 Desember 2020 mendatang. Kemudian setelah terdaftar, masyarakat harus memastikan data sudah mutakhir, sesuai dengan status terbaru. Terutama bagi perubahan dokumen kependudukan, ” harapnya.

Diketahui, tugas 512 PPDP KPU Minsel bakal diawali dengan agenda pelantikan sekaligus apel akbar yang direncanakan dihelat, pagi besok di Kantor KPU Minsel yang terletak di Kelurahan Buyungon Kecamatan Amurang. (dou)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here