Piawai! CEP Beking Minsel Kecipratan Rp128 Miliar Proyek Unpland

IMG-20200914-WA0018

AMURANG –KABUPATEN Minahasa Selatan menjadi salah satu dari 14 Kabupaten kota di Indonesia yang ditetapkan Kementrian Pertanian Republik Indonesia (Kementan RI) sebagai penerima program proyek Upland 2020-2024.

Hal tersebut dinyatakan Kepala Dinas Pertanian Minsel Franky Pasla, Selasa (19/8) siang tadi.

Dia menjelaskan masuknya Minsel sebagai daerah pengelola proyek Unpland tidak lepas dari perjuangan melobi Bupati Minsel Christiany Eugenia Paruntu di Kementrian Pertanian.

“Hasilnya Minsel kecipratan Rp128 miliar. Program ini akan sangat mendorong pengembangan sektor pertanian dan ekonomi petani semakin produktif, ” aku Pasla.

Pasla mengaku pihaknya baru saja kembali mengikuti kegiatan pemantapan proyek Upland bersama Direktur Jenderal PSP Kementan RI Sarwo Edhy di Bali baru-baru ini.

“Pak Dirjen memastikan penandatanganan loan agreement akan dilakukan pada bulan ini sehingga dana pinjaman proyek Upland akan segera efektif, ” ungkap Pasla.

Birokrat yang pandai bergaul itu, mengurai proyek Upland ini akan berlangsung selama 5 tahun. Dalam pelaksanaan Ongranting kegiatan Upland terbagi dalam tiga tahap.Tahun pertama berupa persiapan penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD), tahun kedua dan ketiga berupa pelaksanaan fisik antara lain berupa pembangunan prasarana lahan dan air, pengadaan alsintan, kegiatan budidaya dan lain-lain.

“Tahun keempat dan kelima penyempurnaan kegiatan dan diharapkan semua kegiatan fisik sudah selesai dilaksanakan, ” tandasnya.

Untuk skema penyaluran anggaran kata Pasla, dilakukan melalui 2 mekanisme. Pertama, mekanisme on granting (penerusan hibah) untuk kegiatan fisik. Seperti pembangunan prasarana lahan dan air serta pengadaan alsintan. Kedua, mekanisme tugas pembantuan untuk kegiatan non fisik. Seperti pelatihan, kegiatan demplot dan lain-lain.

“Kita diminta kesiapan. Komitmen untuk menjalankan proyek ini, ” urainya.

Nah, untuk mekanisme on-granting, dibutuhkan anggaran pre-financing atau dana talangan dari tahun 2020 hingga lima tahun kedepan.

“Jadi proyek Upland ini, sasaran utamanya adalah meningkatkan perekonomian masyarakat, ” tutup Pasla.

Sementara itu, Bupati Minahasa Selatan Christiany Eugenia Paruntu menyambut gembira. Bupati yang pupuler dengan ragam prestasi membanggakan itu, bersyukur perjuangannya selama ini berbuah manis.

“Kita patut berbangga. Minsel masuk dalam proyek ini. Semua ini akan kita wujudkan untuk kemajuan pertanian di Minahasa Selatan, ” komentar CEP. (dou*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here