Pjs Onibala Diperiksa KASN, Ada Apa?

IMG-20200914-WA0018

AMURANG — Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) akhirnya turun tangan.

Lembaga marwa etik ASN itu, Rabu pekan lalu diam-diam mendatangai Pemkab Minsel.


Kedatangan KASN ke Minsel itu diduga kuat untuk memeriksa Pjs Bupati Minsel Mecky Onibala terkait kebijakan roling yang terindikasi menyalahi aturan.


Dari informasi yang dihimpun SorotanNews kedatangan KASN berjumlah dua orang bertujuan untuk memeriksa mekanisme pergantian penjabat hukumtua dan juga PLT Kadis PU dan Camat Motoling Timur.


Apalagi memang diketahui Komisi ASN berfungsi mengawasi pelaksanaan norma dasar, kode etik, dan kode perilaku ASN, serta menjamin pelaksanaan sistem merit dalam perumusan Kebijakan dan Manajemen ASN pada Instansi Pemerintah.

“Iya, memang kami dimintai keterangan oleh pejabat dari KASN” aku pejabat eselon dua yang meminta namanya enggan dipublis.


Dia membocorkan ada beberapa pejabat yang dimintai keterangan dari mulai pejabat Eselon dua, Eselon tiga hingga eselon 4. Termasuk Pjs Onibala.


Ketika ditanya soal pernyataan Staf Ahli Bupati a.n Deky Tuwo di media sosial mengenai hasil vicon dengan beberapa kementrian dan lembaga yang menyimpulkan bahwa proses pergantian pejabat baik eselon dua, eselon tiga dan Pejabat Hukum Tua sudah diijinkan pihak kementrian, menurut pejabat yang sudah beberapakali memegang jabatan eselon dua ini belum tentu kebenarannya.

“Iya kalau memang sudah direstui, mengapa harus kami dimintai keterangan, mengapa jauh-jauh KASN dari Jakarta mau datang ke Minsel khusus untuk memeriksa perkembangan kasus ini,” Ujarnya.

Kendati begitu, Ia masih merahasiakan apa kesimpulan dari pemeriksaan tersebut.


“Bukan ranah kami untuk menjawab itu, pasti akan melalui surat resmi, bukan lewat postingan di media sosial” tutupnya.

Kepala BKD Minsel Roy Tiwa yang dikonfirmasi media ini membenarkan kedatangan tim KASN di Kabupaten Minsel.


“Yah betul ada dua orang dari KASN ketua Tim Pak Jaksa, dan salah satu anggota tim. Mereka datang untuk mengklarifikasi terkuat meianisme pergantian penjabat baik esalon 2 maupun 3 beserta Penjabat Hukuntua,” jelas Tiwa.


Pjs Onibala sendiri pun tak membantah dirinya ikut diperiksa KASN.


“Betul. Benar KASN datang untuk melakukan klarifikasi penggantian pejabat. Semuanya sudah dijelaskan,” jawab singkat Pjs via whatsup. (dou)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here