Sapa Warga Pakowa, CEP Beber Sejumlah Program Unggulan

MANADO —Pasca mengikuti debat paslon ke-tiga. Selasa (17/11) kemarin, calon gubernur Sulut nomor urut 1 Christiany Eugenia Paruntu (CEP) turun langsung menyapa warga Kota Manado Rabu (18/11) hari ini.

Kali, ini giliran Kelurahan Pakowa, Kecamatan Wenang, Kota Manado.

Dalam agenda kampanye dialogis itu, Tetty Paruntu berkesempatan membeberkan sejumlah program kerakyatan.

Kebetulan di lokasi yang disambangi Tetty Paruntu adalah masyarakat yang mayoritas sebagai pedagang di Pasar Pinasungkulan Karombasan.

Calon Gubernur Sulut yang diusung Partai Golkar, PAN dan Demokrat itu membeberkan sejumlah programnya.

Dia mengatakan bagi para pelaku usaha menengah ke bawah, Tetty Paruntu dan Calon Wakil Gubernur Sehan Salim Landjar sudah menyiapkan program bantuan Rp 3 juta.

CEP-Sehan juga akan menganggarkan Rp 150 miliar per tahun bagi lansia perempuan berumur 65 tahun ke atas dan lansia laki-laki berumur 70 tahun ke atas.

Sslain program itu, CEP-Sehan juga akan membantu bagi keluarga yang memiliki rumah tidak layak huni. Ada Rp  90 miliar per tahun yang dianggarkan untuk membangun 3.000 rumah tidak layak huni.

Bagi nelayan, CEP-Sehan judah punya program. Setiap nelayan akan mendapat santunan kecalakaan dan kematian dari 8 juta rupiah sampai 150 juta rupiah. 

Sedangkan bagi pelaku usaha kecil seperti pedagang ikan dan sayur gerobak, CEP-Sehan akan membagikan ssbanyak 300 sepeda motor gratis setiap tahunnya.

Ada juga insentif bagi masyarakat yang bertugas menjaga pasien di rumah sakit.

Program yang dinamakan yang  ‘JOS’ atau jaga orang sakit, menjadi salah satu program unggulan paslon itu. Tetty sapaanya mengatakan  bila ada warga yang menjaga anggota keluarganya di rumah sakit, maka per harinya akan mendapat insentif sebesar Rp 100.000.

Insentif itu akan diberikan kepada maksimal dua orang yang berjaga dan selama dua minggu. 

“Supaya warga yang menjaga tidak ikut sakit dan dana itu bisa digunakan untuk membeli makanan dan lainnya,” kata dia.

Dalam kampanye tatap muka itu, Ketua KWI Ranting Wanea menyatakan deklarasi dukungannya bagi CEP-Sehan.

Hadir sejumlah anggota DPRD Manado seperti Bobby Daud dan Maikel Maringka. Ketua Golkar Manado Maykel Damopolii, Sekretaris Golkar Manado Ruby Rumpesan dan Ketua Harian Golkae Manado Vian Walintukan. (dou)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here