Menteri Yang Pernah Dimarahi Sehan Landjar, kini Tersangka Korupsi Bansos Covid-19

IMG-20200914-WA0018

JAKARTA — KPK menetapkan Menteri Sosial Juliari P Batubara sebagai tersangka kasus dugaan tindak pidana korupsi terkait bansos COVID-19. Selain Juliari, KPK juga menetapkan empat orang tersangka lain. Dikutip dari detiknews.com, ketua KPK Firli Bahuri mengatakan, kasus tersebut bermula dari informasi terkait adanya dugaan penerimaan uang oleh sejumlah penyelenggara negara yang diberikan oleh Ardian IM selaku swasta dan Harry Sidabuke kepada Matheus Joko Santoso selaku pejabat pembuat komitmen di Kemensos, Adi Wahyono dan Mensos Juliari Batubara.

Sedangkan khusus untuk Juliari, pemberian uang melalui Matheus Joko Santoso dan Shelvy N selaku sekretaris di Kemensos. “Penyerahan uang akan dilakukan pada hari Sabtu tanggal 5 Desember 2020, sekitar jam 02.00 WIB di salah satu tempat di Jakarta,” kata Firli dalam konferensi pers di KPK, Minggu (6/12/2020).

Sebelumnya, pada bulan april 2020, Juliari P Batubara sempat viral persoalan mekanisme penyaluran BLT dengan Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Sehan Salim Landjar. Sehan hendak mengeluarkan kalimat goblok, dikarenakan aturan yang terlalu berbelit-belit dari kementrian, hingga membuat dirinya geram sedangkan rakyatnya sudah butuh BLT tersebut. Menteri sosial Juliari P Batubara yang juga politisi PDIP tersebut, hendak adu argumen dengan Eyang, kerap Calon Wakil Gubernur Sulawesi Utara disapa, dalam ILC di TV One.

Hal ini membutikan, jika mulut Sehan Landjar benar-benar terbukti sakti. “Wah…saya kaget ketika melihat berita nasional, dimana Mensos Juliari P Batubara ditangkap OTT KPK, dengan kasus dugaan tindak pedana korupsi bansos Covid-19,” ucap Rahmat, warga Bolmong.

Jamil warga Manado juga mengatakan hal yang sama. “Saya ingat betul bagaimana cara beliau marah-marah ke menteri sosial karena persoalan lambatnya pembagian BLT. Namun, hasil dari semuanya, kami sebagai rakyat bisa merasakan perjuangan beliau, hingga Presiden langsung memerintahkan menteri untuk segera tindak lanjuti,” tukasnya.

(Sandy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here