Sah! KPU Tetapkan FDW-PYR Paslon Terpilih Pilkada Minsel 2020

AMURANG, SorotanNews.com –Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Minahasa Selatan Frangky Donny Wongkar – Petra Yany Rembang (FDW-PYR) resmi ditetapkan sebagai pemenang Pilkada Minsel 2020.

Penetapan tersebut disampaikan dalam rapat pleno terbuka yang digelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Minahasa Selatan pada, Kamis (21/1/2021) di Hotel Sutanraja Sore tadi.

Rapat pleno penetapan paslon terpilih tersebut dihadiri pasangan terpilih FDW – PYR sejumlah steikholder terkait dan Bawaslu.

Pleno yang dipimpin langsung Ketua KPU Minsel Rommy Sambuaga tersebut dilakukan dengan protokol kesehatan dan mengundang terbatas peserta.

Ketua KPU Sambuaga menegaskan pleno penetapan calon terpilih merupakan tahapan terakhir proses pilkada 2020.


Dia mengatakan penetapan paslon terpilih tersebut, setelah dipastikan tidak ada sengketa atau tidak tercatat dalam Buku Registrasi Perkara Konstitusi (BRPK) dari Mahkamah Konstitusi (MK).

“Jadi KPU Minsel menerima surat resmi dari KPU RI terkait BRPK dari MK pada hari kemarin. Nah Sesuai ketentuan maka paling lama lima hari KPU Minsel harus menetapkan paslon terpilih. Olehnya itu kemarin kita gelar pleno internal KPU untuk pelaksanan penetapan calon hari ini,” ungkapnya.

Lebih lanjut kata dia rencana pada Jumat (22/1), besok KPU akan menyampaikan surat pengusulan pengangkatan pasangan calon terpilih FDW-PYR kepada DPRD yang nantinya oleh DPRD akan diteruskan kepada Mendagri melalui Gubernur Sulawesi Utara.

Sementara itu Franky Wongkar dalam sambutannya mengaku bersyukur mendapat daulat mayoritas warga Minsel mempin daerah ini lima tahun ke depan.

“Saya dan Pak PYR mengucapkan terima kasih kepada masyarakat atas dukungannya dengan jumlah dukungan 74.875 suara. Tentu ini adalah amanah yang harus kami jawab dengan mewujudkan Minsel perubahan,” ungkap FDW.

Selain itu politisi yang dikenal low profile itu pun memberi apresiasi kepada jajaran penyelenggara KPU dan Bawaslu.

” Terimakasih atas sinergitasnya. KPU Minsel, Bawaslu Minsel dan Forkopimda bahkan semua pihak atas pelaksanaan Pilkada yang telah terselenggara dengan baik,” sebutnya.

FDW – PYR berkomitmen dukungan dari masyarakat nantinya akan ditindaklanjuti dalam program kerja berdasarkan visi dan misi.

“Dalam rangka membangun Minsel maka kami akan melakukan perubahan agar menjadikan Minsel yang maju, Minsel yang sejahtera untuk itu meminta dukungan dari semua pihak,” tutupnya. (dou)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here