Tipidter Mabes Polri Police Line Tiga Lokasi Pertambangan Ilegal Di Boltim

IMG-20200914-WA0018

BOLTIM — Tipidter Bareskrim Mabes Polri tidak main-main dalam memberantas tambang ilegal yang ada di Sulawesi Utara, khsusnya di daerah Bolaang Mongondow Raya (BMR). Terbukti, Senin 09 Februari 2021 kemarin, tiga lokasi tambang yang ada di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) tepatnya di Desa Lanut dan Atoga, milik RW dan Elo, serta milik AK langsung di police line, beserta sejumlah alat berat. Sehari sebelumnya, Tipidter Mabes Polri juga membekuk salah satu pengusaha tambang ilegal GL alias Gus. “Ia benar mereka dari Tipidter Mabes Polri. Dan sudab melakukan police line, serta mengamankan sejumlah orang untuk di ambil keterangan,” ungkap Saksi yang tepat berada lokasi.

Disisi lain Kapolres Boltim AKBP Irham Halid SIK, saat dikonfirmasi baru mengetahui hal tersebut dari pemberitaan di Media. “Iya saya sudah monitor,saya sudah baca di media juga,” jawab Irham.

Lanjut Irham, masalah penindakan oleh Mabes berhak untuk melakukan dimana saja, karena Boltim masih bagian dari Indonesia. “Beda ketika Polres Boltim menindak kegiatan yang ada di Wilayah Kepolisian Kotamobagu, itu hal yang salah. Jadi Mabes bisa bertindak pelanggaran hukum, selagi masih dalam wilayah Indonesia,” tambahnya.

Upaya melakukan konfirmasi ke AK saat melalui nomor 08135588**** sedang dalam keadaan tidak aktif. Selain itu, aktifitas PETI di wilayah atoga yang dimotori Alken sudah berjalan sekira 3 Tahun. Kali ini metodenya lain, berbekal izin galian C AK malah mengeruk Sumber Daya Alam (SDA) dengan pola semi moderen yaitu menggunakan alat berat bahkan goa tempat pengambilan material memakai tangga dan lift.

(Tim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here