Gubernur Sulut Jelaskan Pelaksanaan Ibadah Kenaikan Isa Al Masih dan Idul Fitri

MANADO — Dalam bulan Mei 2021 ini, terdapat dua hari raya keagamaan yang bersamaan tanggal pelaksanaannya, yakni Kenaikan Isa Al Masih dan Hari Raya Idul Fitri 1442 H, 13-14 Mei mendatang.

Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey mengatakan, berdasarkan hasil rapat bersama Forkopimda dan FKUB Provinsi Sulut pada Selasa (04/05) siang, disepakati penyelenggaraan salat Idul Fitri 1442 H khususnya di Kota Manado dilaksanakan di setiap masjid. Hal ini mengingat masih dalam situasi pandemi Covid-19. “Salat Idul Fitri tidak dilaksanakan di lapangan-lapangan, kecuali di samping atau depan masjid ada lapangan, maka salat Idul Fitri bisa dilaksanakan di tempat tersebut, dengan catatan terbatas kepada jamaah yang ada di masjid setempat,” kata gubernur, sesaat usai memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat di Mapolda Sulut, Rabu (05/05) pagi.

Sedangkan untuk perayaan Kenaikan Isa Al Masih, lanjut gubernur, tidak ada ibadah padang. Semua ibadah dilaksanakan di gereja masing-masing dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. “Kita sudah sepakat, dalam satu hari itu ada empat kali ibadah di gereja sehingga jumlah jemaat yang hadir juga dibatasi, agar tidak terjadi kerumunan,” jelasnya, didampingi Kapolda Sulut Irjen Pol Nana Sudjana.

Gubernur menambahkan, seluruh obyek wisata juga akan ditutup saat perayaan Idul Fitri dan Kenaikan Isa Al Masih. “Kita akan minta kabupaten/kota untuk menutup tempat-tempat wisata supaya tidak terjadi kerumunan. Jadi saat Idul Fitri dan Kenaikan Isa Al Masih, semua tempat wisata ditutup. Kita sama-sama memerangi Covid-19,” tandas gubernur.

(Sandy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here