KPID Sulut Gelar Literasi Media Bagi Pelajar di Minsel

TUMPAAN, SorotanNews.com — Literasi media menjadi penting di era digital sekarang ini. Hal ini yang melatari Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sulawesi Utara menggelar kegiatan literasi media pengawasan konten siaran di bernagai tempat.

Selasa (25/05) hari ini giliran para pelajar di SMK Negeri 1 Tumpaan Kabupaten Minahasa Selatan.

Komisioner KPID Sulut Susanto Amisan menjelaskan tujuan kegiatan literasi media adalah semata-mata memberikan wawasan baru bagi generasi muda untuk dapat terlibat dalam pengawasan siaran.

“Maksud dan tujuan literasi media yaitu membahas dampak konten negatif terhadap anak muda, seleksi konten yang negatif dan positif, mengadukan konten yang negatif, dan peran pemuda sebagai agen literasi bagi masyarakat, ” ungkap Amisan Yang didampingi dua komisioner KPID lainnya Meilany Rauw, SE dan Merlyn Watulangkow, SH.

Pantauan media, tampak hadir sejumlah narasumber pegiat media di antaranya
Rikson C. Karundeng, M.Teol dan Douglas Panit, S.IP.

Menurut Rikson C. Karundeng, M.Teol, pemuda adalah agen literasi yang efektif dan memiliki peran vital dalam mem-filter informasi bagi keluarga dan nasyarakat. Douglas Panit, S.IP juga menyatakan kawula muda rentan dipengaruhi konten negatif dan mendorong untuk ikut kegiatan tentang siaran dan memilih siaran yang positif.

Diketahui, kegiatan diawali dengan sambutan pembukaan oleh Korbid Kelembagaan Pengasihan Amisan, S.IP dan Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Tumpaan Dra. Marien Lintong, M.Pd. Lalu diikuti materi oleh para narasumber. Suasana kegiatan berlangsung dengan kondusif juga produktif. (dou)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here