Dinkes Minsel Terima 5 Ribu Dosis Vaksin AZ Untuk Lansia

AMURANG, SorotanNews.com — Lima Ribu Dosis Vaksin Astrazeneka diterima Dinas Kesehatan Minsel dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara.

Kepala Dinas Kesehatan Pemkab Minahasa Selatan mengaku vaksin Astrazeneka ini diperuntukan khusus bagi warga usia lanjut (Lansia) di Minsel. Itu sebab kata dia Dinkes mulai melakukan vaksinasi untuk lansia saat vaksin itu diterima.

“Kita kembali menerima vaksin dari Pemerintah Provinsi Sulut sebanyak 5 ribu dosis. Sasaran vaksin ini adalah lansia,” ungkap Erwin, Rabu (16/6) kemarin.

Mengenai proses vaksinasi bagi lansia menurut Schouten tidak akan dipusatkan di satu tempat, tapi petugas kesehatan bekerjasama dengan hukum tua (kumtua) dan lurah, melakukan vaksinasi langsung ke desa dan kelurahan.

“Ada kerjasama dengan lurah dan kumtua. Mereka mengumumkan dan petugas kesehatan sudah siap di suatu lokasi, misalnya balai desa untuk melakukan vaksinasi,” terangnya.

Di sisi lain kata Schouten meski sasaran vaksin ini unuk lansia, dosis vaksin ini juga bisa digunakan untuk keluarga lansai meski usianya bukan tergolong lansia.

“Jadi, lansia yang akan mendapatkan suntikan vaksin, bisa mengajak dua orang dekat yang bukan lansia untuk menerima vaksinasi,” papar Erwin.

Sistem vaksinasi seperti ini cukup menarik minat warga untuk menerima suntikan vaksin.

Untuk mempercepat vaksinasi, jelas Erwin Schouten, Dinkes membagikan vaksin itu ke semua Puskesmas di Minsel.

Petugas Puskesmas di semua kecamatan secata serentak melaksanakan vaksinasi.

“Petugas turun ke desa-desa dan kelurahan. Maksimal layanannya selama tiga hari. Setelah tiga hari di suatu desa, petugas akan pindah ke desa atau kelurahan lain,” imbuhnya.

Layanan vaksinasi di desa dan kelurahan, sukses. Warga berterima kasih kepada pemerintah yang dinilai peduli terhadap masyarakat. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here