Cegah Penyebaran Covid-19 dan Aksi Kejahatan, Polsek Aertembaga Patroli di Enam Kelurahan

BITUNG — Wakapolsek Aertembaga Iptu Agustinus Koraag memimpin Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD) dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19 dan aksi kejahatan, Sabtu (03/07/2021) malam.

Patroli menyisir enam kelurahan di wilayah Kecamatan Aertembaga, Kota Bitung. Yaitu, Winenet Satu, Winenet Dua, Aertembaga Satu, Aertembaga Dua, Pateten Satu, dan Pateten Dua.

“Sasaran KRYD antara lain pelanggaran protokol kesehatan (prokes), premanisme, senjata tajam, minuman keras (miras), orang mabuk, balap liar, dan penyakit masyarakat lainnya,” kata Wakapolsek.

Diawali dengan merazia beberapa warung milik warga Winenet Satu dan Pateten Dua, yang dicurigai menjual miras tanpa izin, namun hasilnya nihil. Wakapolsek meminta para pemilik warung tetap konsisten tidak menjual miras.

“Bagi para pemilik warung diminta tetap konsisten tidak menjual miras jenis apapun. Karena pengaruh miras dapat memicu timbulnya aksi kejahatan seperti penganiayaan dan juga kecelakaan lalu lintas,” tegas Wakapolsek.

Kemudian petugas mendapati kerumunan warga didominasi anak-anak muda, yang masih ‘nongkrong’ hingga larut malam, bahkan sebagian tidak memakai masker.

“Masih di wilayah Winenet Satu dan Pateten Dua, kami mendapati sekelompok anak muda yang berkumpul dan tidak mematuhi prokes,” jelas Wakapolsek.

Selanjutnya dilakukan pemeriksaan badan, tempat, dan kendaraan untuk mengantisipasi adanya senjata tajam maupun barang-barang berbahaya lainnya. Namun hasilnya nihil.

Wakapolsek lalu menyampaikan imbauan prokes 5M demi menekan laju penyebaran virus corona. Yaitu dengan Memakai masker, Mencuci tangan, Menjaga jarak, Menghindari kerumunan, dan Mengurangi mobilitas.

Pemeriksaan serupa juga dilakukan di wilayah Aertembaga. Namun tidak ditemukan kejadian menonjol. Warga khususnya anak-anak muda tersebut kemudian diminta segera membubarkan diri dan kembali ke rumah masing-masing.

“Tidak ada kejadian menonjol. Meski demikian KRYD tetap kami gencarkan untuk menciptakan situasi kehidupan masyarakat yang sehat, aman, tertib, dan nyaman,” pungkas Wakapolsek.

(TBN/Sandy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here