Anggaran Perjalanan DPRD Minsel Dipangkas 50 Persen


AMURANG, SorotanNews.com — DAMPAK Covid-19 terhadap Kabupaten Minahasa Selatan kian terasa. Pemerintah pun telah mengambil langkah melakukan rasionalisasi anggaran untuk kepentingan penanganan Covid-19. Tidak terkecuali kebijakan refocusing anggaran pun berlaku bagi DPRD Minsel.

Data diperoleh anggaran perjalan dinas yang merupakan item penting untuk menunjang kinerja para wakil rakyat dipangkas hingga mencapi 50 persen.

Kepala Sekretariat DPRD Minsel Joins Langkun mengaku tahun 2021 ini ada alokasi anggaran di sekretariat DPRD turun drastis. Itu semata-mata dilakukan untuk penanganan pandemi Covid-19.

“Alokasi anggaran perjalan dinas DPRD Minsel tahun 2021 dipangkas besar-besaran hampir mencapai 50 persen. Apalagi kalau dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Kalau dibandingkan dengan daerah lain justru paling kecil kita di Minsel,” ungkap Langkun.

Dia menjelaskan di tahun-tahun sebelumnya alokasi anggaran perjalanan dinas di DPRD yang digunakan untuk kepentingan konsultasi, studi banding dan bimtek mencapai angka Rp8 miliar.

Berbeda dengan tahun ini dialokasi awal ditata Rp5 miliar. Namun karena kebijakan refocusing anggaran dipangkas lagi menjadi Rp4 miliar sekian.

“Kalau torang hitung merata per anggota Dewan hanya mendapat alokasi anggaran untuk perjalanan dinasnya Rp153 juta per tahun. Itupun belum dihitung bagi staf yang mendampingi,” terangnya. (dou)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here