oleh

Hebat! DPRD Minsel Paripurnakan Ranperda Arsip dan Penegakan Hukum Protokol Covid-19

AMURANG, SorotanNews.com– Sebentar lagi Kabupaten Minahasa Selatan punya payung hukum kearsipan dan prokes Covid-19. Hal ini menyusul digelarnya paripurna pembicaraan tingkat kedua terhadap Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) tentang penyelenggaraan kearsipan dan penerapan disiplin dan penegakan hukum Protokol Kesehatan sebagai upaya pencegahan dan pengendalian Covid 19, Senin (4/10) Kemarin.

Paripurna yang dihadiri lengkap Bupati Frangky Wongkar dan Wakil Bupati Petra Yani Rembang itu dipimpin Wakil Ketua DPRD Minsel Stefanus Lumowa.

Dalam Rapat Paripurba tersebut, Steven Lumowa mengatakan, rapat tersebut adalah menindak lanjuti Ranperda yang sudah pernah dibahas pada rapat paripurna tingkat kesatu, yang dilaksanakan pada 10 Maret 2021 lalu, yang telah disetujui oleh seluruh fraksi lewat pemandangan umum fraksi untuk dibahas pada tingkat selanjutnya.

Dan telah ditindak lanjuti dalam pembahasan di tingkat Panitia Khusus (Pansus) DPRD Minsel dengan pemerintah daerah, sesuai mekanisme dan ketentuan peraturan perundang undangan yang berlaku.

Selanjutnya rancangan perda tersebut, telah dilakukan harmonisasi oleh tim perancang, peraturan perundang undangan kantor wilayah Kemenkum HAM Sulut.

Dan sudah dilakukan penyempurnaan berdasarkan hasil fasilitasi yang dilakukan oleh Gubernur Sulut. Maka pada saat ini, rapat paripurna ini akan masuk pada tahap pembicaraan tingkat kedua yang meliputi pengambilan keputusan yang akan diawali dengan pelaporan dari ketua pansus.

Terpantau pembacaan Ranperda tentang penyelenggaraan kearsipan, dibacakan oleh Ibu Jacklyn Koloay. SH, Sedangkan pembacaan Ranperda tentang Penerapan disiplin penegakan hukum Protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan dan pengendalian Covid 19, dibacakan oleh Bpk. Rommy Pondaag. SH.MH.

Hadir dalam rapat tersebut yaitu, Paulman Runtuwene, Wakil Ketua DPRD, Forkopimda, Kapolres diwakili oleh Wakapolres Kompol Edy Saputra SIK, Dandim 1302 Minahasa Diwakili oleh Kapten Infantri Ferdinan Tedampa (Danramil 17 Motoling), Kajari diwakili oleh Aldy Emon. SH.MH. (Kasie Intel), Pengadilan negeri Amurang diwakili oleh Fransiska Tandang, (Sek PN Amurang), ketua Pengadilan agama Amurang Nur Afni Saimima, SH. Sekda, para asisten, kepala SKPD, Camat, dan segenap jajaran pemetintah kabupaten Minsel.

Sidang Paripurna ditutup dengan penandatanganan persetujuan bersama antara pihak Pemerintah Kabupaten dengan DPRD Minsel. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *